GO ZAKAT!!! REZEKI BERKAH HIDUP MENJADI MUDAH

Kamis, 10 Oktober 2019 | 372 Kali
GO ZAKAT!!! REZEKI BERKAH HIDUP MENJADI MUDAH

Ajibarang- Zakat merupakan salah satu dari lima rukun islam, yang mana salah satu keutamaan zakat bila ditunaikan adalah dapat menyempurnakan keislaman seseorang. Dalam perkembangannya, banyak lembaga-lembaga zakat yang bertumbuh untuk membantu penyaluran zakat dari para muzakki. Untuk di Kabupaten Banyumas, lembaga amil zakat yang direkomendasikan oleh pemerintah Kabupaten adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). BAZNAS Kabupaten Banyumas ini merupakan kepanjangan tangan dari Badan Amil Zakat Nasional pusat.

Dalam perjalanannya, BAZNAZ Kabupaten Banyumas banyak bekerjasama dengan instansi – instansi pemerintah di kabupaten Banyumas.  Sebagai salah satu instansi milik Pemerintah Kabupaten Banyumas, RSUD Ajibarang tentunya juga telah tergabung dalam BAZNAS. Pada tahun 2013  RSUD Ajibarang mengawali kerjasama dengan BAZNAZ Kabupaten Banyumas dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ), saat itu pendapatan zakat, infaq /sodaqoh di RSUD Ajibarang masih sebesar 7 juta rupiah. Usaha intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan zakat, infaq/sodaqoh di RSUD Ajibarang terus ditingkatkan.

Pada tanggal 14 september 2019 Unit Pengumpul Zakat RSUD Ajibarang melaksannakan rakor yang dihadiri oleh Plt.Direktur, dr. Widyana Grehastuti, SpOG, MSi.Med, jajaran manajemen dan rekan-rekan muzakki. Acara rakor  yang bertajuk “Go Zakat! Hidup Menjadi Berkah” ini bertujuan untuk menarik minat karyawan dan karyawati RSUD Ajibarang khususnya bagi yang baru bergabung dengan RSUD Ajibarang supaya dapat menyalurkan zakat / infaq / sodaqohnya melalui UPZ RSUD Ajibarang.

Acara ini diawali dengan bacaan Al Quran oleh Hasyim Maghfuri, dan dilanjutkan pengisian materi tentang zakat oleh Gusmanto, Apt.MBA selaku ketua UPZ RSUD Ajibarang. Dalam acara ini disampaikan bahwa jumlah pegawai yang telah mezakatkan/menginfaqkan/mensodaqohkan  hartanya melalui UPZ RSUD Ajibarang berjumlah 124 pegawai, dan target di tahun 2020, jumlah pegawai yang ikut menyalurkan zakat/infaq/sodaqohnya melalui UPZ, diharapkan akan meningkat sebesar 100% atau 248 orang.

Para tamu undangan yang hadir sangat bersemangat dalam mengikuti materi yang disampaikan. Tidak hanya pertanyaan, para tamu undangan juga menyampaikan masukan untuk semakin meningkatkan tata kelola zakat/infaq/sodaqoh di UPZ RSUD Ajibarang.

Plt. Direktur RSUD Ajibarang, dr. Widyana Grehastuti, Sp.OG.,MSi.Med menyampaikan harapannya bahwa dengan semakin meningkatnya jumlah karyawan yang menyalurkan zakat/infaq/sodaqohnya di UPZ RSUD Ajibarang akan semakin memperluas cakupan kegiatan yang dapat dilaksanakan oelh UPZ RSUD Ajibarang pada khususnya dan oleh BAZNAZ Kabupaten Banyumas pada umumnya.

Nah, demikian liputan kami, bagi para pembaca yang budiman, jangan lupa menyisihkan sebagian hartanya untuk berzakat, infaq/sodaqoh ya. Sampai jumpa di liputan kami selanjutnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullohi Wabarokatuh.

~Soni Handoyo~

 

GALERI FOTO

 

Related Posts

Komentar