PERSIAPAN KEGIATAN CAPACITY BUILDING

Minggu, 09 September 2018 | 8559 Kali
PERSIAPAN KEGIATAN CAPACITY BUILDING

Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang merupakan rumah sakit tipe C milik Pemerintah Kabupaten Banyumas. Rumah Sakit ini terus berkembang seiring berjalannya waktu. Banyak perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Salah satu komponen penting yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah keamanan dan kejelasan alur pelayanan.

Setiap pegawai diharapkan memiliki pengetahuan yang baik mengenai pelayanan rumah sakit dan dibutuhkan sumber daya manusia yang betul – betul bisa menghadapi pelanggan dengan cekatan, dan komunikatif. Bagaimana tidak, rumah sakit memiliki pelanggan yang sangat unik, berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan, budaya, dan pelanggan tersebut dalam kondisi sakit, tidak nyaman, dan sensitif.

Dengan latar belakang itu, Instalasi Diklat & PSDM bekerjasama dengan Zero Tim RSUD Ajibarang bermaksud menyelenggarakan pelatihan Capacity Building untuk pegawai rumah sakit, guna meningkatkan kualitas SDM pegawai yang diharapkan akan berujung pada kepuasan pelanggan.

Tujuan diadakannya Pelatihan Capacity Building ini diantaranya adalah 1)untuk membentuk karakter dan akhlakul karimah bagi pegawai, sehingga timbul naluri untuk bersedia menerima pekerjaan mereka dengan baik, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah Subhanahuwwata’ala.2)Mempertajam sense of humanity (rasa kemanusiaan) sehingga terbentuk karakter pagawai yang tanggap menghadapi pelanggan.

Dalam kegiatan tersebut akan dibagi dalam 2 kegiatan yaitu pengisian materi dan praktek. Adapun materi yang akan disampaikan meliputi Zero Mind Process, Wawasan Kebangsaan & Kedisiplinan serta Service Excellent : Sense Of Humanity. Sedangkan praktek diisi dengan wide game, dimana peserta dibagi menjadi 4 kelompok yaitu :

  1. Pos I : Kedisiplinan (Baris Berbaris)
  2. Pos II : Role Play Praktik 3S
  3. Pos III : Team Building (permaianan yang bisa meningkatkan kerjasama kelompok)
  4. Pos IV : Sense Of humanity (praktik bagaimana cara menunjukkan perhatian kepada pelanggan)

Kegiatan diakhiri dengan evaluasi yaitu post test  dimana untuk mengukur apakah peserta memahami sepenuhnya terhadap kegiatan yang sudah dilakukan, dan peserta menyampaikan pendapatnya mengenai pelatihan capacity building kepada panitia. (@rvanta)

Related Posts

Komentar