Round Table Discussion (RTD) "FLUID MANAGEMENT IN EMERGENCY CASES"

Sabtu, 03 Agustus 2019 | 3567 Kali
Round Table Discussion (RTD) "FLUID MANAGEMENT IN EMERGENCY CASES"

AJIBARANG - RSUD Ajibarang sebagai sarana pelayanan kesehatan yang bertugas menyelenggarakan fungsi perumah-sakitan, sesuai dengan Visi dan Misi dan mencapai tujuannya. Dengan mengacu pada visi rumah sakit yaitu ”Menjadi Rumah Sakit unggulan dengan Pelayanan Profesional" RSUD Ajibarang berkomitmen untuk mengembangkan kualitas SDM, sehingga bisa memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat. Peningkatan kualitas SDM dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan bagi karyawan dan juga fasilitas kesehatan jejaring di lingkungan RSUD Ajibarang.

Salah satu program bagian pendidikan dan pelatihan adalah pelaksanaan RTD (Round Table Discussion). Round Table Discussion (RTD) adalah diskusi akademik dengan pembicara yang mengutarakan topik diskusi, dan peserta mempunyai hak yang sama untuk mengajukan pendapat dan argumen, untuk membahas suatu kasus ataupun materi yang diangkat.

Dalam praktik sehari-sehari, seorang Dokter tak lepas dari pasien yang datang ke IGD, Poliklinik ataupun Puskesmas dengan kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi. Selain itu hampir sebagian besar kasus emergency di IGD RS juga merupakan kasus-kasus syok, yang bisa disebabkan oleh perdarahan massive oleh karena trauma, sepsis, Trauma Brain Injury, Luka bakar, KAD dan masih banyak lagi. Maka dapat kita simpulkan bahwa Terapi Cairan (Fluid Management) menjadi suatu hal yang wajib dipahami oleh seorang Dokter, baik itu konsepnya, tujuan pemberiannya, dan pemilihan jenis cairan. 

Hari ini (Sabtu, 3/08/2019) Bagian Diklat dan PSDM RSUD Ajibarang bekerjasama dengan PT Otsuka Indonesia, menyelenggarakan kegiatan RTD mengusung tema "Fluid Management in Emergecy Cases." Kegiatan yang dipanitiai oleh Dokter Umum dan Dokter Internship RSUD Ajibarang ini, mengundang Dokter-dokter Umum dari Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit disekitaran wilayah Ajibarang.   

Kegiatan yang diikuti hampir 60 orang dokter umum ini dihadiri pula oleh Ketua IDI Cabang Banyumas, dr Noegroho Harbani, Sp.S.,Msc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada Bagian Diklat dan PSDM RSUD Ajibarang yang sudah menfasilitasi sejawat Dokter Umum di Wilayah Ajibarang untuk melakukan update ilmu secara gratis. "Milikilah Ghirah untuk Berjuang, ya salah satunya bisa dengan aktif mengikuti kegiatan seperti ini," pesan dr Noegroho Harbani di penghujung sambutannya.

Secara resmi, Plt Direktur RSUD Ajibarang, dr Widyana Grehastuti, Sp.OG membuka kegiatan RTD ini dan langsung diikuti dengan penyampaian materi. Penyampaian materi dilakukan dalam 2 sesi yang diselingi dengan coffee break dan diskusi kasus.

Materi pertama disampaikan oleh dr Igun Winarno, Sp.An yang merupakan Dokter Spesialis Anestesi sekaligus Kepada Diklat dan PSDM RSUD Ajibarang. Materi yang disampaikan mengenai Fluid Management in Emergency Cases itu sendiri yang didalamnya dibahas bagaimana itu patofisiologi syok dan bagaimana pemilihan cairan yang benar dalam beberapa kasus khusus. Di akhir penyampaian disimpulkan bahwa dalam pemberian terapi cairan, yang perlu diperhatikan: kondisi dan status pasien, tujuan pemberian, efek samping, dan harga. 

Selanjutnya dilakukan studi kasus yang dipimpin oleh dr Maela, salah seorang dokter umum RSUD Ajibarang. Para peserta aktif bertanya dan menyampaikan pendapatnya dalam pembahasan kasus tersebut. Kegiatan ditutup dengan sebelumnya dilakukan penyampaian Materi Kedua oleh dr Budi Santosa yang merupakan perwakilan dari PT Otsuka Indonesia.

Secara keseluruhan acara berlangsung dengan sangat lancar, dimana terdapat waktu untuk diskusi tanya-jawab mengenai topik pembahasan mengenai terapi cairan pada kasus emergensi yang biasa ditemukan di praktikan IGD sehari-hari.

Harapannya kegiatan seperti ini dapat rutin diselenggarakan sehingga tak hanya sebagai sarana untuk pengembangan ilmu bagi para dokter umum di lingkungan wilayah ajibarang, namun juga dapat sebagai wadah untuk menjalin silahturahmi sekaligus promosi pelayanan RSUD Ajibarang.

(Ditulis oleh: dr Nanda Mahara, disunting oleh dr Coraega)

GALERI FOTO

PANITIA RTD (Dokter Umum & Dokter Internship RSUD Ajibarang)

  Dokter Umum RSUD Ajibarang

 

Related Posts

Komentar