TINGKATKAN KAPASITAS PESERTA DIDIK, KOMITE PPI MEMBERIKAN EDUKASI PPI BEKERJASAMA DENGAN DIKLAT

TINGKATKAN KAPASITAS PESERTA DIDIK, KOMITE PPI MEMBERIKAN EDUKASI PPI BEKERJASAMA DENGAN DIKLAT

AJIBARANG - Pada Hari Senin, 25 Juli 2022, Komite PPI RSUD AJIBARANG bekerja sama dengan Instalasi Diklat dan PSDM melakukan sosialisasi mengenai PPI kepada seluruh peserta didik yang akan melakukan praktik di RSUD Ajibarang.

Sosialisasi ini dilakukan kepada para Koas dari Fakultas Kedokteran Unsoed dan peserta didik perawat dari Fakultas kesehatan Universitas Harapan Bangsa Purwokerto  

Pada hari ini (senin 25/07/2022), dilakukan sosialisasi PPI di Diklat. Pada kesempatan kali ini dilakukan sosialisasi program PPI oleh IPCN RSUD Ajibarang yaitu Ibu Fajar Rubiyanti, S.Kep., Ns. Dan Soni Handoyo, S.Kep.,Ns.

IPCN RSUD Ajibarang Ibu Fajar Rubiyanti, S.Kep., Ns. mengatakan bahwa kegaiatan ini dilakukan untuk membudayakan pencegahan Infeksi ke semua Peserta DIDIK yang akan masuk berpraktik di RSUD Ajibarang. 

"Peserta didik di lakukan refres mengenai standar precaution, Hand Hygien, cuci tangan, penggunaan APD yg benar dan sesuai peruntukannya serta penggunaan Spill Kit jika ada tumpahan darah atau cairan infeksius, serta Bagaimana Cara batuk Yang efektif" Tambahnya.

Soni Handoyo, S.Kep.Ns. yang juga IPCN purna Waktu juga menambahkan bahwa kagiatan ini sangat penting untuk saling mengingatkan dalam pencegahan infeksi, Cara memberikan pemberian Injeksi di ruangan dengan aman dan safety.

Selain itu juga dijelaskan bahwa bahwa dalam akreditasi Rumah Sakit ada namanya Indikator Mutu Nasional Rumah Sakit yaitu salah satunya Cuci tangan, dan Penggunaan APD sesuai dengan indikasi. Oleh karena itu, kita budayakan setiap 5 momen dan 6 langkah cuci tangan sesuai dengan WHO terhadap semua pegawai dan peserta didik yang sedang berpraktik di RS.   

Hand Hyegien menjadi edukasi rutin yang disampaikan tim IPCN RSUD Ajibarang, sehingga setiap kali ada kesempatan kami selalu meminta kepada Instalasi Diklat jika ada yang mau berpraktik di RS, diedukasi cuci tangan serta untuk mempraktekkan 6 langkah Hand Hyegien dan Five Moment. Untuk mendukung program ini, RSUD Ajibarang sudah menyiapkan fasilitas seperti Handrubs dan wastafel serta tisu sebagai pendukung kegiatan Hand Hyegien di unit para siswa berpraktik.” Pungkas Soni.

Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan secara rutin kami berharap akan meningkatkan pengetahuan seluruh peserta didik sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Ajibarang Dan Membudayakan dalam pencegahan infeksi.

Di akhir acara dilakukan dengan membangkitkan semangat dengan Yel Yel PPI yaitu:

 

" SALAM PPI! "

" 5 TEPAT, 6 MANTAP"

" SEMUA SEHAT "

(gude)

Related Posts

Komentar