VERIFIKASI AKREDITASI TAHUN PERTAMA KARS DI RSUD AJIBARANG TELAH DILAKUKAN

VERIFIKASI AKREDITASI TAHUN PERTAMA KARS DI RSUD AJIBARANG TELAH DILAKUKAN

Ajibarang-KARS,- Akreditasi rumah sakit merupakan bentuk pengakuan terhadap rumah sakit oleh lembaga independen dalam hal ini di Indonesia adalah KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) yang telah ditunjuk oleh menteri kesehatan dalam pemenuhan standar pelayanan untuk menjamin mutu dan keselamatan pasien secara berkesinambungan. RSUD Ajibarang telah mendapatkan predikat sebagai rumah sakit terakreditasi paripurna bintang lima dalam tahun 2017. 

Satu tahun setelah pelaksanaan akreditasi, RSUD Ajibarang kembali dilakukan penilaian oleh KARS dalam Verifikasi Akreditasi tahun I. Beberapa hal akan mendapatkan evaluasi oleh surveior dr.Tumpal Simatupang, SpOG (K), kebetulan beliau ditugaskan oleh KARS untuk melakukan penilaian dan verifikasiakreditasi tahun I pelaksanaan komitmen mutu pelayanan dan keselamatan pasien di RSUD Ajibarang.

Pada kesempatan pertama beliau disambut oleh Direktur dr. Dani Esti Novia dan jajaran managemen RSUD Ajibarang dengan iringan nyanyian Lir Ilir oleh Kelompok Paduan Suara GEMA CERIA RSUD Ajibarang. Acara berlanjut di ruang pertemuan, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne RSUD Ajibarang. Setelah pembacaan kode etik penilaian oleh dr, Tumpal Simatupang, SpOG(K), dilanjutkan dengan presentasi oleh direktur RSUD Ajibarang mengenai Pelaksanaan Perbaikan Strategis dari yang telah direkomendasikan sebelumnya. Presentasi direktur RSUD Ajibarang sudah cukup menggambarkan pelaksanaan perbaikan strategis yang dilakukan oleh RSUD Ajibarang. Hal ini ditunjukkan dengan ilustrasi gambar-gambar mengenai foto dokumen, pelaksananaan kegiatan yang lengkap. Kelanjutan acara disusul dengan pembacaan doa oleh Gusmanto, Apt, MBA, dari Instalasi Farmasi.

Surveior melakukan kembali pemeriksaan dokumen untuk memastikan apa yang disampaikan oleh direktur telah benar-benar dilaksanakan. Kegiatan dilanjutkan dengan telusur lapangan, titik fokus kegiatan juga masih sekitar pelaksanaan kegiatan yang direkomendasikan. Ruang Nuri yang merupakan ruang pelayanan maternal dan bayi baru lahir merupakan tempat pertama yang dilakukan telusur. Pada kesempatan ini surveior melihat mengenai bukti kegiatan kunjungan pra anestesi oleh dokter anestesi, bukti penawaran menu makan kepada pasien, bukti tindakan dikamar operasi dilakukan sign in, time out maupun sign out di ruang operasi, serta kegiatan persiapan pemulangan pasien telah dilakukan. Pada sasaran keselamatan pasien juga dilakukan pembuktian penambahan tanda resiko jatuh diruang Nuri telah dipenuhi. Sepertinya pada kesempatan ini surveior merasa puas atas apa yang telah dilakukan RSUD Ajibarang.

Kegiatan telusur diteruskan ke ruang ICU untuk melihat permasalahan pasien pasca operasi histerektomi (pengangkatan rahim), surveior yang kebetulan dokter spesialis kandungan dan kebidanan juga memberikan apresiasi atas penangan pasien yang baik dari sisi prosedur maupun hasil output pasiennya.

Telusur juga dilakukan ke ruang laundry, kamar jenasah dan IPAL untuk memastikan rekomendasi yang telah diberikan telah ditindak lanjuti dengan baik. Pada pemeriksaan di ruang instalasi gizi, surveior lebih lama menilai, hal ini berkaitan dengan masalah vital keamanan makanan pasien. Bukti menu pasien dan pemesanan makan oleh ruangpun diberikan oleh petugas gizi, ruang penyimpanan bahan makanan juga menjadikan perhatian. Satu hal baru yang menjadikan perhatian adalah system pengawasan makanan dan petugas dalam pengelolaan yaitu perlunya pengawasan secara continue dengan menggunakan CCTV.

Acara verifikasi Akreditasi tahun I setelah sholat dhuhur dan makan siang dilanjutkan dengan exit conference, yaitu penyampaian presentasi hasil penilaian dokumen dan telusur ruangan oleh surveior. Surveior cukup menarik dalam penyampaian dan sepertinya merasa puas atas apa yang telah dilakukan RSUD Ajibarang serta adanya pengharapan yang besar agar RSUD Ajibarang dibawah lokomtif dr, Dani Esti Novia bisa dibawa lari jauh lebih kencang dalam perkembangannya, beliau menutup presentasinya dengan menyampaikan pantun. Hal demikian disambut pantun juga oleh ibu direktur dalam penutupan.  Pada kesempatan kali ini kelompok paduan suara GEMA CERIA kembali tampil dengan menyanyikan lagi Mars RSUD Ajibarang dan Nyanyian Hand Higiene yang dikuti jogged peragaan HH oleh seluruh hadirin. Acara kemudian ditutup dengan bacaan Alhamdulillah oleh pembawa acara Prima Hapsari,S.Farm

by goens"GN"

Recent Works

Ketauladanan Nabi Ibrahim AS di RSUD Ajibarang

KETAULADANAN NABI IBRAHIM A.S DI RSUD AJIBARANG Idul Adha-Ajibarang,- Hari ini umat muslim merayaka

PENGUMUMAN HASIL TES KETERAMPILAN DAN WAWANCARA PENGADAAN PEGAWAI NON PNS PADA RSUD AJIBARANG TAHUN 2018

Berdasarkan Pengumuman Direktur RSUD Ajibarang Nomor 445.1 / 963 / VI / 2018 tentang Hasil Tes Keter

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PENGADAAN PEGAWAI NON PNS PADA RSUD AJIBARANG TAHUN 2017

Berdasarkan Pengumuman Direktur RSUD Ajibarang Nomor 445.1/593/IV/2017 tentang Hasil Seleksi Adminis

Komentar