GLADI REFRESH AKREDITASI SNARS ED 1 MENUJU RSUD AJIBARANG TETAP PARIPURNA

Rabu, 07 Agustus 2019 | 2859 Kali
GLADI REFRESH AKREDITASI SNARS ED 1 MENUJU RSUD AJIBARANG TETAP PARIPURNA

PURWOKERTO, -Minggu ditanggal 4 Agustus 2019, RSUD Ajibarang memainkan orkestra akreditasi dengan menggelar konser "Gladi Refresh Akreditasi SNARS Ed 1 menuju RSUD Ajibarang tetap PARIPURNA", Orang bijak mengatakan kesuksesan tergantung kepada kesiapan sebelumnya dan tanpa persiapan hanya akan ada kegagalan (konfusius 551-479 SM) dan kesuksesan ditentukan oleh kesabaran dalam menjalani dan menjemput takdir Allah SWT (goens). Acara ini begitu meriah di buka oleh Plt Direktur dr. Widyana Grehastuti, SpOG, MSi.Med di jam 8 sampai penutupan kembali oleh direktur pada jam 17.00.

Pada kesempatan ini direktur mengharapkan kita kembali merefresh kenangan mengenai akreditasi, bagaimana melayani sesuai ketentuan regulasi, sehingga mutu pelayanan bisa terjaga dan ditingkatkan, bagaimana mengenali segala resiko dalam pelayanan baik bagi pasien maupun petugas sehingga keselamatan pasien  dan petugas terjaga. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerja sama antara Tim Assesor Internal dan Instalasi Diklat dan PSDM yang di motori oleh dr. Igun Winarno, SpAn.

Plt. Direktur RSUD Ajibarang dr. Widyana Grehastuti, SpOG, MSi.Med : sedang memberikan sambutan disaat pembukaan

Ini yang asyik, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Dewas loh...Ir. Didik Rudwiyanto, SH, MSi.  Beliau banyak memberikan motivasi bagaimana melayani di rumah sakit, bagaimana menghadapi pelanggan dan bagaimana bila terdapat konflik, sebab menurut beliau semua yang berhadapan dengan pelanggan pada hakekatnya adalah humasnya rumah sakit, sehingga beliau mengaharapkan RSUD Ajibarang bisa terbentuk sebuah superteam dengan mengedepankan komunikasi yang baik, koordinasi yang santun dan terarah serta membantuk jejaring (network) antar unit-unit yang lain. Pada kesempatan ini beliau juga menyampaikan pesan khusus dari Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein bahwa RSUD Ajibarang harus mengutamakan pelayanan, membuat improvisasi untuk bisa meningkatkan pelayanan dan senantiasa bisa menjaga pelayanan yang sudah baik.

Ketua Dewas (dewan Pengawas) Ir. Didik Rudwiyanto, SH, MSi : Sedang memberikan motivasi

Gladi Refresh ini difasiltatori oleh Ketua Assesor internal sekaligus sebagai kepala Inst. Diklat dan PSDM, baliau menampilkan berbagai permasalahan kasus dan disinergikan dengan yang ada di Panduan Snars Ed 1, diantaranya bagai mana sebuah pelayanan yang harus ditunjang dengan regulasi yang ada, pedoman, Panduan baik panduan organisasi bagi setiap instalasi, juga pedoman pelayanan dari unit terkait yang mengikuti, SPO, PPK, CP maupun dokumen hasil kinerja yang terdapat di dalam rekam medik. Kasus yang didiskusikan diantaranya kasus perijinan RS yang dipermasalahkan pasien, kemudian dikaitkan dengan IMB gedung (TKRS/MFK), bagaimana menghadapi pengunjung ini (MKE/PKRS), kemudian dikaitkan juga dengan pelayanan IGD bagaimana proses triage, pelayanan kegawatdaruratannya, bagaimana hak pasien, persiapan pasien pulangnya (discharge paling nya, kualifikasi SDM, pelayanan terhadap pasien, respon time, bagaimana tata cara peresepan dan penyimpanan narkotika (PKPO) dan lainnya  (MIRM / AP / ARK / PAP / KKS / PMKP / PPI / Diklat). Kasus yang lainnya juga disampaikan mengenai kasus B20 yang dikaitkan dengan Prognas, PPI, PAB, MFK, HPK, MKE dan PKRS,l.

Ada juga kasus lift ambruk, yang dinilai dari sisi perijinan, origram pemeliharaan, uji fungsi, proses kalibrasi alat, juga ditambahkan kasus code red bagaimana pengaktifannya, penggerakan evakuasi dan alur evakuasi danbpengamanan dokumen serta alat. Riski Amalia salah satu asesor internal memfasilitasi bagaimana pelayanan pada program nasional (PROGNAS) dan penitik beratan pada HPK, demikian juga Budiana Marini selaku sekretaris Tim akreditasi dan juga anggota asesor internal menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan MKE di depan di TPGGD/TPPRI/TPPRJ mengenaik hak dan kewajiban pasien (HPK), apa itu general concent, apa itu standing order, apa itu TIH (ARK) dan masih banyak lagi.

Masih banyak kasus yang ditampilkan dan skill ketrampilan dari peserta yang ternyata sampai penutupan pun belum bisa ditampilkan semuanya. Alhamdulillah Gladi refres yang diikuti oleh 131 peserta ini yang bertempat di De Garden Resto Purwokerto, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh peserta, hampir semua peserta bisa memaparkan dengan baik apa yang diminta oleh fasilitator. Tidak lupa walaupun ini sebuah gladi refresh, untuk memenuhi standart sebuah pelatihan tetap dilakukan penilaian pre dan post tes dan hasilnya tidak jauh berbeda diantara nya dikarena soal pretes peserta sudah dalam taraf hasil yang memuaskan.

Oh ya, pada kesempatan ini juga disampaikan yel-yel yang menyemangati peserta yang diadopsi yel yang dipopulerkan oleh Bapak Bupati yaitu yel wong Banyumas, yaitu inyong inyong....rika-rika,...inyong-rika wong Banyumas... Banyumas better, Ajibarang Hebat,.... RSUD Ajibarang tetap paripurna. Sebelumnya Ketua Dewas juga telah menampilkan yel yel beliau yaitu ora ngapak ora kepenak,...kerja ceria..tambah kompak tambah kepenak.... tetap ceria... tetap paripurna..

Acarapun diakhiri pada jam 17 sore dengan seluruh peserta yang dihadiri para dokter, Komite medis, komite keperawatan, komite penunjang lainnya, Komite PPI, Komite PMKP, para kepala instalasi, ketua ruang dan perwakilan pelaksana serta para ketua pokja dan penanungjawab dokumen masih dalam kondisi ceria. Penutupan oleh direktur yang setia menunggu dari awal sampai akhir diselingi dengan pembagian doorprize, dan Ir. H. Bukhori kasubag kepegawaian kebagian menutup dengan doa. Akhirnya semoga Allah memberikan keridhoan untuk RSUD Ajibarang tetap paripurna, aamiin. (goens"GN")

Yel Wong Banyumas : Klik disini

GALERI FOTO GLADI :

Foto Bersama seluruh Peserta

Sambutan direktur disaat Closing

Plt. Direktur bersama Tim ASIN

Related Posts

Font
Kamis, 09 Agustus 2018

Komentar