CAPACITY BUILDING GELOMBANG III  “ Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe”  Dengan Riang Gembira

CAPACITY BUILDING GELOMBANG III “ Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe” Dengan Riang Gembira

Bismillah,

Kebun Raya,- Para pembaca yang budiman, setelah sukses dengan Capacity Building Gelombang I dan Gelombang II, RSUD Ajibarang kembali melaksanakan kegiatan Capacity Building Gelombang III pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 23-24 Maret 2019. Berbeda dengan konsep di gelombang sebelumnya, konsep yang diusung pada gelombang ketiga ini adalah “I Know You, You Know Me”. Bukan tanpa alasan, konsep ini diangkat karena salah satu tujuan khusus dalam kegiatan Capacity Building RSUD Ajibarang adalah untuk membuat para karyawan saling mengenal antara satu dan yang lain. Dengan saling mengenal, diharapkan kerjasama, komunikasi dan koordinasi akan berjalan dengan baik sehingga mutu pelayanan RSUD Ajibarang akan semakin berkualitas.

Seperti kegiatan sebelumnya, lokasi pelaksanaan kegiatan  masih di White House Kebun Raya Baturraden. Lokasi ini masih menjadi kesukaan karena posisinya yang jauh dari keramaian, suasana sekitar yang sejuk, dikelilingi hutan hijau yang menyegarkan pandangan mata, semakin menambah kekhidmatan peserta dalam mengikuti kegiatan.

Dalam sambutannya pada upacara pemberangkatan, Direktur RSUD Ajibarang, dr. Dani Esti Novia berterimakasih dan berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat menjaga kesehatan, beliau berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik, meniatkan dengan tulus ikhlas dalam mengikuti kegiatan supaya dapat memberikan perubahan yanga baik bagi RSUD Ajibarang.

Peserta  yang mengikuti kegiatan kali ini berjumlah 81 peserta, mereka berangkat bersama-sama dengan riang gembira menggunakan alat transportasi yang telah disediakan panitia, sesampainya di lokasi, setelah beristirahat sebentar, peserta bersama panitia melaksanakan sholat ashar berjama’ah, kemudian dilanjutkan dengan sesi “I Know You, You Know Me”.  Sesi ini diawali dengan mengajak  peserta untuk dapat rileks, meninggalkan sejenak beban tugas dan jabatan sehari – hari, mengajak peserta untuk memposisikan diri sama antara satu dan yang lain. Selanjutnya, peserta diajak  bermain game perkenalan dengan dipandu tim Ice Breaking , permainan berlangsung sangat asyik dan meriah hingga tak terasa sudah menjelang waktu shalat magrib.

Sesi selanjutnya yaitu sesi Spiritual Building, yang terdiri atas Zero Mind Process, Self Aplication dan Self Performance. Pada sesi ini, peserta digiring untuk bersama-sama menyadari akan kekurangan dan kelebihan diri sendiri,merenungi hal-hal yang telah terjadi dalam kehidupan,  serta diberikan semangat untuk dapat terus memperbaiki diri dengan belajar menyadari Kebesaran Allah Subahnahuwwata’ala serta mengambil pelajaran yang baik dari pengalaman hidup yang telah terjadi. Disini peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan kisah hidup yang menarik sehingga dapat diambil hikmah oleh peserta lainnya, tujuannya adalah untuk memupuk kepercayaan diri peserta dan meyakin bahwa dirinya bisa melakukan Publik Speaking.  Acara malam diakhiri dengan Ice Breaking, permainan yang dimainkan yaitu permainan benar salah, pesan berantai dan pass the person. Peserta sangat bersemangat dan antusias mengikutinya, bagaimana tidak, ketiga permainan tersebut adalah permainan yang melatih konsentrasi dan kerjasama antar peserta, dan permainan ini pun dilombakan antar kelompok. Setiap kelompok berusaha untuk bisa melaksanakan peraturan game dengan benar, gemuruh suara yel-yel kelompok semakin membakar semangat kelompok yang tampil.

 

Hari Minggu pagi, disambut dengan cuaca yang cerah dan sejuk , peserta mengawali harinya dengan senam bersama dan sarapan pagi, selanjutnya mereka bersiap untuk mengikuti Wide Game. Wide game ini terbagi dalam 3 Pos yaitu Pos Self Application, Pos Self Performance dan Pos Teamwork. Kegiatan Wide Game ini susun sebagai praktik dari materi yang telah disampaikan di malam sebelumnya. Keriuhan suara tawa dan yel – yel peserta mewarnai kegiatan di setiap pos. Suasana yang sejuk dan sedikit mendung membuat matahari enggan menampakkan sinarnya, tidak terasa hari sudah menjelang dhuhur, kegiatan wide game pun berakhir, yang artinya tahapan kegiatan Capacity Building ini hampir berakhir pula. Setelah sholat Dhuhur berjama’ah dan makan siang, pesertapun berkumpul untuk acara penutupan.

Pada acara penutupan, dr. Igun Winarno, selaku Instruktur menyampaikan ucapan  terimakasih dan permohonan maaf kepada kepada seluruh peserta, dilanjutkan dengan pembagian doorprize untuk kelompok yang memenangkan permainan dan diakhiri dengan penyampaian kesan dan pesan dari peserta. Salah seorang peserta menyampaikan, ketiadaan sinyal operator seluler membuatnya bisa lebih leluasa untuk berbincang dengan teman-teman sesama peserta, sehingga bisa lebih mengenal. Peserta lain menambahkan senang bisa mengikuti acara ini, jadi lebih bisa mengenal teman-teman dari bagian lainnya, yang tadinya hanya tau namanya tidak tau orangnya, sekarang bisa mengenal orangnya.

Selain testimoni secara lisan, panitia juga membagikan lembar evaluasi yang diisi peserta. Evaluasi ini bertujuan sebagai koreksi, untuk peningkatan kualitas acara Capacity Building berikutnya, tidak disangka para peserta banyak yang memberikan kesan baik terhadap acara ini, berikut kutipan yang tertulis pada lembar evaluasi:  “Sangat menyenangkan”, “ Gue Seneng Banget”, dan masih banyak lagi.

Sekian liputan Kegiatan Capacity Building Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe Gelombang III, sampai jumpa di keseruan liputan kami selanjutnya. Dan jangan lupa untuk “ Selalu Bahagia”. (Instalasi Diklat dan PSDM -Dyas-)

GALERIA FOTO :

Foto Bersama dulu sebelum memulai "Happy Fun Game"

"Pengarahan Bos Diklat sebelum....grenggggg....naik-naik ke kebun raya"

"Suasana I Know You , You Know Me"

Tim Zero mencoba bergaya ria

Wuahhh...asyik juga foto dari atas balkon.... "Drone...mana nih.."

"loncat boleh....asal jangan lupa turun yah..."

FotoBox kita......mleyani dengan ceria

Tim Zero Buka warung mendoan untuk sarapan...lariss...Alhamdulillah menambah kesenangan mereka

"Suasana pos Self Aplication...yang sangat mengasyikan...."

"Hasil eval yang sudah masuk...alhamdulillah...bisa membuat mereka bahagia"

 

 

Recent Works

NGANGSU NGELMU KE KOTA KUDUS

Dalam rangka persiapan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilay

CAPACITY BUILDING “SENSE OF HUMANITY” RSUD AJIBARANG

Ajibarang,- Menumbuhkan rasa kemanusiaan untuk bisa bergerak menolong tanpa diminta dan menolong tan

Tim Akreditasi RSUD Ajibarang Mengikuti Workshop “ReDOWSKo”

Jakarta – Akreditasi rumah sakit merupakan proses kegiatan peningkatan mutu pelayanan yang dil

Komentar