Komite Farmasi Terapi Garda Terdepan Seleksi Obat RSUD Ajibarang

Komite Farmasi Terapi Garda Terdepan Seleksi Obat RSUD Ajibarang

Ajibarang - kebutuhan obat - obatan disebuah rumah sakit adalah keniscayaan, mengingat sebagian besar pasien yang datang ke rumah sakit pasti membutuhkan obat – obatan. Namun demikian tidak semua obat yang beredar di Indonesia dibutuhkan di rumah sakit. Di dalam rumah sakit, organisasi yang bertugas melakukan seleksi terhadap obat – obatan yang akan digunakan di rumah sakit adalah Komite Farmasi dan Terapi (KFT). KFT merupakan organisasi di bawah direktur yang bertugas salah satunya adalah menyusun formularium RS. Sedangkan formularium RS adalah dokumen yang berisi daftar obat – obatan yang secara legal di syahkan oleh direktur untuk digunakan di RS. Formularium RS setiap tahun nya direview oleh KFT. Dalam setiap review akan ada obat – obatan yang di tambahkan atau bahkan di hapus dari formularium RS.

Tepatnya Kamis 24 Januari 2019 kemarin KFT RSUD Ajibarang mengadakan seleksi obat – obatan yang akan dimasukkan dalam formularium RS tahun 2019. Ketua KFT RSUD Ajibarang, dr. Noegroho Harbani.,Sp.S .,Msi mengatakan bahwa seleksi obat dilakukan bertujuan untuk memastikan kualitas obat – obatan yang digunakan di RSUD Ajibarang. Beliau menambahkan ada beberapa kriteria dalam proses seleksi obat itu antara lain :

  1. Obat harus mempunyai efikasi obat yang jelas
  2. Obat harus mempunyai bukti ilmiah terhadap proses terapi (Evidence Base Medicine)
  3. Sediaan dibutuhkan oleh masyarakat
  4. Harga obat terjangkau
  5. Obat tidak ada subtitusi nya.

KFT RSUD Ajibarang berkomitmen untuk membantu pasien dalam rangka memenuhi kebutuhan obat – obatan berkualitas. Oleh karena nya review formularium tahun 2018 dan penyusunan formularium tahun 2019 dilakukan di awal tahun. Harapannya setelah formularium RS tahun 2019 selesai di sahkan pelayanan pasien di RSUD Ajibarang menjadi semakin baik terutama dalam pemenuhan kebutuhan obat – obatan yang berkualitas.

Selamat ulang tahun yang ke 12 RSUD Ajibarang ... CERIA ... SENYUM ... SALAM... SALAMAN

(/gusmanto)

Recent Works

MENJALIN PERSAHABATAN MELALUI TRAINING “ EMERGENCY OBSTETRIC AND NEONATAL CARE “

Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang merupakan salah satu Rumah Sakit yang telah ditetapkan sebagai Rum

TIM IT RSUD Ajibarang adakan Sosialisasi dan Uji Coba SIMRS Versi 2

Ajibarang - Bertempat di ruang rapat lantai 2 RSUD Ajibarang, selama 2 hari Rabu dan Kamis 30 dan 31

AUDIT MEDIS DI RSUD AJIBARANG SEBAGAI AMANAH MENUJU PELAYANAN YANG LEBIH BAIK

Peningkatan mutu pelayanan medik merupakan hal yang substansial dalam pengembangan pelayanan di sebu

Komentar