DONOR DARAH DI RSUD AJIBARANG "Sekantong Darah Kita Berarti Bagi Mereka"

DONOR DARAH DI RSUD AJIBARANG "Sekantong Darah Kita Berarti Bagi Mereka"

Ajibarang,- Untuk memenuhi kebutuhan stok darah, PMI Kabupaten Banyumas mengadakan kegiatan donor darah rutin di RSUD Ajibarang. Kegiatan ini memang rutin dilaksanakan setiap tiga bulan di RSUD Ajibarang, pada kesempatan ini 9 Oktober 2018 dilaksanakan di ruang pertemuan Diklat dan PSDM. Kepedulian temen-temen di RSUD Ajibarang cukup besar untuk menyumbangkan darahnya, kita tahu darah kita sangat menolong bagi sesama yang membutuhkan. Inilah salah satu bentuk kepedulian sosial kita kepada sesama umat.

Pada kesempatan ini, terdapat 67 pendonor yang siap menyumbangkan darahnya, tetapi berdasarkan kriteria yang memenuhi syarat hanya 51 orang dan 16 orang dinyatakan kurang memenuhi syarat untuk menjadi pendonor darah, diantaranya faktor tensi yang kurang atau terlalu tinggi, Hb yang rendah atau terlalu tinggi, riwayat bepergian ke luar negeri, maupun riwayat minum obat pengencer darah. Ternyata kegiatan donor ini juga diikuti juga oleh beberapa pengunjung RSUD Ajibarang

Menurut dr. Mariska dari PMI yang saat itu melakukan pemeriksaan dikatakan bahwa syarat untuk menjadi pendonor diantaranya usia min 17 thn maks 60 thn , berat badan min 45 kg, Tensi min 100/70, maks 160/100, Hb 12,5- 17 mg/dl, sedang tidak menstruasi atau mens H-5, maksimal 7 hari setelah mens terakhir Hb min 13.5, dalam kondisi sehat, tidak minum obat min 2 hari atau antibiotik min 7 hari, Istirahat cukup minimal 5 jam, tidak dibekam, akupuntur tindik minal 6 bulan, tidak dari luar negeri minimal 6 bulan, tidak mempunyai penyakit kronis seperti stroke, jantung, gangguan darah.

Perlu kita ketahui bahwa darah adalah sesuatu yang dapat dengan mudah kita donasikan karena tubuh kita akan terus mengisi ulang untuk menggantikan jumlah darah yang hilang. Rata-rata orang dewasa memiliki 5 liter darah yang terus berputar dalam tubuh. Pada umumnya, tiap sel darah akan dipecah untuk kemudian diganti dengan sel darah baru setiap 120 hari. Sebaliknya, darah hasil donor ini hanya bisa bertahan hingga 42 hari. Usia yang pendek ini berarti donor darah selalu dibutuhkan dan perlu didonasikan secara teratur.

Ayoo…donorkan darah kita untuk membantu yang memerlukan.

by dr. Igun Winarno, SpAn

Recent Works

BUPATI BANYUMAS MERESMIKAN GEDUNG LANTAI 3 DAN 4 DI RSUD AJIBARANG

Lengkap sudah perencanaan pembangunan gedung empat lantai di RSUD Ajibarang, pada kesempatan bersama

Seminar Ilmiah “Kegawatdaruratan Paru, Orthopaedi, dan Psikiatri”

Dalam rangka menyambut ulang tahun RSUD Ajibarang yang ke-12 yang bertema “Dengan semangat 12

“IN HOUSE TRAINING MODERN WOUND CARE” SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PERAWAT

 Ajibarang – Kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat di masyarakat memberikan

Komentar