Refresh Bantuan Hidup Dasar Bagian Administrasi dan Keuangan

Refresh Bantuan Hidup Dasar Bagian Administrasi dan Keuangan

Ajibarang – Tim Bantuan Hidup Dasar (BHD) RSUD Ajibarang mengadakan acara refresh BHD. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat Kamis siang (30/08/2018) disela sela Rapat Koordinasi Bagian Administrasi dan Keuangan.

Kasubag Umum dan Kepegawaian, Ir. Bukhori, M.Si yang memimpin rapat koordinasi menyampaikan  rasa terimakasih kepada Tim BHD Khalifah M. S Kep. Ns dan Muklas A. AMK yang telah menyempatkan waktu untuk menjadi narasumber bagi temen-teman administrasi dan keuangan.

“refreshing Bantuan Hidup Dasar minimal dilakukan minimal sekali dalam 2 tahun sehingga apabila ada kejadian orang atau pasien yang tiba tiba jatuh pingsan kita dapat memberi bantuan hidup dasar,” ujarnya.

Tim BHD,  Khalifah M S.Kep. mengatakan bantuan hidup dasar adalah pertolongan pertama yang segera dilakukan bila diduga adanya keadaan berkurangnya perfusi oksogen ke otak, henti nafas atau henti jantung tanpa menggunakan alat bantu. Tujuan BHD adalah mengurangi mortalitas dan morbiditas akibat berkurangnya perfusi oksigen ke otak.

Khalifah menjelaskan prosedur melakukan BHD apabila dijumpai ada orang yang tidak sadarkan diri, tidak ada respon, tidak nafas atau nafas tidak normal maka langkah pertama yang dilakukan yaitu amankan diri, amankan lingkungan. Kemudian cek respon dengan memanggil dan melihat jalan nafas / nadi.  Segera aktifkan sistem emergency (meminta bantuan /code clue). Lakukan CAB yaitu Circulation (tekan dinding dada kuat dan cepat); Airway  (periksa nafas, buka jalan nafas, lihat, dengan rasakan); Breathing  (berikan nafas bantuan).

Diharapkan dengan adanya refreshing BHP yang diikuti 43 orang dengan melakukan simulasi menggunakan 2 manekin, bisa meningkatkan kemampuan memberikan bantuan hidup dasar setiap personil administrasi dan keuangan. (/nita)

Recent Works

TIM ZERO DIKLAT RSUD AJIBARANG BERLATIH SELF APLICATION CAPACITY BUILDING

Tim Zero RSUD Ajibarang terus berbenah meningkatkan kualitas diri dalam usaha untuk mengasah kemampu

TAHAP UJIAN TULIS KREDENSIAL DAN RE-KREDENSIAL GELOMBANG PERTAMA PERAWAT DAN BIDAN

AJIBARANG – Rumah Sakit Daerah Ajibarang seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi,

MENJALIN PERSAHABATAN MELALUI TRAINING “ EMERGENCY OBSTETRIC AND NEONATAL CARE “

Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang merupakan salah satu Rumah Sakit yang telah ditetapkan sebagai Rum

Komentar