RSUD AJIBARANG GOES TO VILLAGE || DESA KALITAPEN PURWOJATI

RSUD AJIBARANG GOES TO VILLAGE || DESA KALITAPEN PURWOJATI

KALITAPEN - Kesehatan masyarakat merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan suatu negara. Bagaimanapun, akses yang merata terhadap informasi dan pemahaman mengenai kesehatan masih menjadi tantangan, terutama di daerah pedesaan. Inilah mengapa peran tim promosi kesehatan RSUD AJibarang berperan penting dalam melakukan penyuluhan kesehatan di desa, yang dilakukan melalui kegiatan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), memiliki peran penting.

PKK telah menjadi kekuatan yang mendorong transformasi sosial di tingkat basis di Indonesia. Dengan menggarap masalah kesehatan dari akar permasalahan di tingkat desa, PKK memegang peranan strategis dalam menyebarkan informasi dan praktik-praktik kesehatan yang baik. Penyuluhan kesehatan yang dilakukan PKK tidak hanya sekadar memberikan informasi, tetapi juga berfokus pada pemberdayaan masyarakat untuk mengambil tindakan nyata dalam meningkatkan kesehatan mereka sendiri serta keluarga mereka.

Tim RSUD Ajibarang goes to Village kalitapen yang di pandegani oleh Dr Sugeng Riyadi dan Ibu Bidan Tri Wahyuningsih, SSit.Bd. dan tim Casemik yang dibantu oleh IPCN dan Irja,  pada hari kamis, 16 mei 2024 melakukan sosialisasi kepada masyarakat di desa kalitapen kecamatan Purwojati. dalam hal ini disampaikan mengenai sosialisasi Jaminan Kesehatan Masyarakat kabupaten Banyumas dengan sistem UHC (Universal health Coverage) dan sosialisasi tentang produk layanan dan unggulan di RSUD Ajibarang.

Koordinator tim UHC di RSUD Ajibarang, Ibu Tri Wahyuningsih, SSit.,Bd. mengatakan bahwa Salah satu program jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS yaitu KIS PBI dalam program UHC telah menjadi tonggak penting dalam memperluas akses layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Namun, masih banyak masyarakat, terutama di daerah pedesaan, yang belum sepenuhnya memahami manfaat dan cara mengakses jaminan kesehatan ini. Inilah di mana peran PKK dalam penyuluhan menjadi sangat penting. Melalui kegiatan rutin PKK di tingkat desa, seperti pertemuan kelompok, posyandu, dan kegiatan gotong royong, informasi tentang BPJS kesehatan dapat disosialisasikan secara efektif. sehingga masyarakat yang kurang mampu yang sedang mengalami sakit di RS dapat dengan cepat mengakses pembuatan UHC ini. sehingga masyarakat akan sadar akan pentingnya manfaat pembuatan BPJS ini.

"PKK sebagai lembaga yang memiliki jangkauan langsung ke masyarakat desa dapat menjadi penghubung yang efektif antara masyarakat dengan layanan BPJS. Mereka dapat memberikan pemahaman tentang manfaat, prosedur pendaftaran, kontribusi, dan cakupan layanan yang diberikan oleh BPJS. Dengan demikian, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya memiliki jaminan kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga mereka dari risiko finansial akibat biaya kesehatan yang tidak terduga". tambahnya.

Kasie Pelayanan Medis dr Sugeng Riyadi menambahkan juga bahwa PKK juga memiliki peran penting dalam menginformasikan masyarakat desa tentang pelayanan kesehatan yang tersedia di RSUD Ajibarang. Peningkatan kesadaran masyarakat tentang layanan kesehatan yang ada di RSUD bisa meningkatkan penggunaan fasilitas kesehatan tersebut saat diperlukan. PKK dapat mengadakan pertemuan kesehatan di mana petugas dari RSUD Ajibarang memberikan informasi tentang layanan yang mereka sediakan, prosedur pendaftaran, serta hak dan kewajiban pasien.

diharapkan dengan adanya turun kebawah, RSUD Ajibarang dapat menyampaikan secara langsung mengenai layanan-layanan yang ada di RS sehingga masysrakat dapat mengatahui dan mengakses dengan cepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa.

Related Posts

Komentar