TIM PKRS IKUT ANDIL DALAM PROGRAM DESA BINAAN RSUD AJIBARANG DI DESA KRACAK KECAMATAN AJIBARANG

TIM PKRS IKUT ANDIL DALAM PROGRAM DESA BINAAN RSUD AJIBARANG DI DESA KRACAK KECAMATAN AJIBARANG

AJIBARANG – Pada hari Sabtu  tanggal 20 Februari 2021, Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (Tim PKRS) Masih terus melakukan edukasi kepada individu, keluarga maupun masyarakat meskipun masih di masa Pandemi Covid 19 yang masih berlangsung saampai saat ini. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Tim PKRS RSUD Ajibarang  yakni  Sosialisasi Protokol Kesehatan, Jiwong Jiga dan Sukses Vaksin Covid 19 di Desa Binaan RSUD Ajibarang yaitu Desa Kracak Kecamatan Ajibarang. 

Ketua Tim Rombongan Desa Binaan, dr. Teguh Ariyanto, MPH yang juga sebagai Kasie Penunjang Medis RS yang ikut dalam acara ini mengatakan bahwa Kegiatan PKRS dalam Desa Binaan Desa Kracak ini dilakukan sesuai dengan Program Bapak Bupati Banyumas.

Tujuan Kegiatan dalam Desa Binaan ini adalah untuk mensosialisasikan dalam pencegahan protocol covid-19, penerapan 5M, mensukseskan program vaksinasi Covid-19, pembagian sabun cair untuk mensosialisasikan cuci tangan yang benar, tata cara isolasi mandiri bagi yang terkonfirmasi, jiwong jiga pada masyarakat yang mempunyai komorbid, edukasi pemulasaraan jenazah covid dan pembagian sembako kepada lansia berkomorbid ”. Imbuhnya.

Fajar Rubiyanti, S.Kep.,Ns mengatakan bahwa Dalam acara tersebut dihadiri oleh tim PKRS, Kepala desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas, kader komorbid serta masyarakat dan mahasiswa KKN di desa Kracak.

Materi yang disampaikan mengenai Protokol Pencegahan Covid 19 diantaranya adalah Mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak, Jiwong Jiga (Siji Wong Siji Jaga) sebagai program Kabupaten Banyumas untuk melindungi warga yang berisiko tinggi terpapar Covid 19 terutama Lansia dan warga yang memiliki komorbid. Materi yang tak kalah penting untuk disampaikan kepada warga adalah tentang Vaksin Covid 19, dimana edukasi ini mengajak warga kracak untuk mensukseskan program vaksin covid 19 sesuai yang sudah dicanangkan” Tambah Fajar yang juga sebagai Perawat IPCN RSUD Ajibarang.

Di akhir acara di lanjutkan dengan penyerahan sembako secara simbolik oleh pihak Desa kepada para Lansia yang berkomorbid tujuannya untuk meningkatkan imun dan kebutuhan gizi para lansia yang ada di wilayah binaan Desa Kracak.

 

(gude)

 

Galeria Kegiatan

Related Posts

Komentar