CAPACITY BUILDING Sepi Ing Pamrih rame Ing gawe GELOMBANG V“ I KNOW YOU, YOU KNOW ME, SO WE KNOW EACH OTHER”

CAPACITY BUILDING Sepi Ing Pamrih rame Ing gawe GELOMBANG V“ I KNOW YOU, YOU KNOW ME, SO WE KNOW EACH OTHER”

Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh

Para pembaca yang dirahmati Allah Subhanahuwwata’ala, alhamdulillah liputan Capacity Building Gelombang V sudah bisa terbit. Tentunya liputan kali ini tidak kalah serunya dibanding gelombang - gelombang sebelumnya ya, sedikit cerita nih ya, pada gelombang V kali ini, Tim Zero yang bisa bertugas sedang dalam posisi nggak full team ya, Qudarulloh ada beberapa anggota tim yang ada kepentingan keluarga dan ada juga yang sedang dalam proses perbaikan kondisi fisik. Walaupun begitu, Alhmadulillah Tim yang bertugas berhasil membuat  acara tetap berjalan khidmat dan seru.

Pada gelombang V ini, peserta yang mengikuti kegiatan sejumlah 69 orang yang  berasal dari berbagai unit di RSUD Ajibarang. Peserta sangat antusias dalam pemberangkatan, mereka bersiap ontime sesuai jadwal acara yang telah dibagikan oleh panitia. Pada Gelombang V ini, ada sedikit rundown acara yang berbeda, saat pemberangkatan, peserta dan tim yang bertugas langsung dilepas oleh Direktur RSUD Ajibarang segera setelah peserta berkumpul lengkap. Dalam sambutannya, Ibu Direktur berpesan kepada para peserta untuk dapat menjaga kesehatan dan memanfaatkan kesempatan mengikuti kegiatan Capacity Building ini dengan baik, beliau berharap, melalui Capacity Building ini, komunikasi antar unit akan berjalan lebih baik lagi, sehingga mutu pelayanan kepada pasien dapat meningkat dan semakin memuaskan.

Seperti biasa, peserta diangkut dengan mikrobus yang telah disiapkan panitia. Walaupun ada satu bus yang mengalami gangguan dalam perjalanan, alhamdulillah atas kerjasama dan komunikasi yang baik antar anggota tim, hambatan ini dapat segera diatasi. Sehingga peserta dapat bersama-sama mengikuti acara sesuai rundown yang telah disiapkan.

Briefing peserta dengan masing – masing fasilitator dilaksanakan di halaman White House Kebun Raya Baturraden segera setelah peserta sampai.  Untuk gelombang V kali ini tema nama kelompoknya yaitu nama – nama serangga, ada kelompok Capung, Jangkrik, Laba-laba, Tawon, Belalang dan Kumbang. Suasana alam baturraden yang sejuk dan agak mendung, terasa lebih nyaman dan kondusif untuk briefing kelompok, diawali dengan sosialisasi yel – yel peserta, hingga penentuan yel – yel kelompok. Ternyata peserta sangatlah kreatif mencipkatakan yel – yel kelompoknya.

Berlanjut ke acara berikutnya, setelah sholat ashar berjamaah, para peserta berkumpul di aula untuk acara Comittment Building, kemudian mereka diajak bermain game perkenalan dan game bertukar snack. Kedua permainan ini bertujuan untuk membuat para peserta saling mengenal satu dengan yang lainnya. Salah seorang peserta menyampaikan bahwa permainan ini membuatnya lebih mengenal teman-teman dari bagian lain lain di rumah sakit, mengingat selama ini ia berdinas di kamar bersalin yang ada di lantai 3, membuatnya jarang bertemu dengan teman – teman dari bagian lain. Lain halnya dengan Wibowo Murtiyoso, peserta yang berasal dari Instalasi Bedah Sentral ini bahkan telah mempersiapkan diri dengan memabaca daftar peserta yang dibagikan panitia, beliau membaca berkali kali sembari mengingat-ngingat seperti apa orangnya. Wah.. bersemangat sekali ya.

Tidak terasa waktu sholat magrib sudah tiba, para peserta dan panitia bersiap untuk sholat magrib berjamaah. Setelah sholat magrib berjamaah, para peserta makan malam bersama sembari persiapan sholat isya berjama’ah. Selanjutnya, acara inti, peserta bersiap di aula kembali untuk mengikuti pembukaan oleh Direktur RSUD Ajibarang, dr. Dani Esti Novia. Sebagai informasi, beliau dr. Dani Esti Novia selalu menyempatkan untuk bisa hadir di setiap acara Capacity Building yang sudah berjalan hingga gelombang V ini. Dalam setiap sambutan pembukaannya beliau selalu memastikan bahwa para peserta sudah saling mengenal, satu dengan yang lainnya.

Dipandu  oleh Sahabt Zero Ayu, sambutan direktur dilanjutkan dengan acara Zero Mind Process (ZMP). ZMP kali ini dibawakan oleh sahabat Gusmanto, dan mengusung tema outer  journey, dimana para peserta diajak untuk melakukan perjalanan keluar angkasa, jauuuh dan smakin jauuh hingga kami semua menyadari bahwa tidak ada sedikitpun yang bisa kami sombongkan dalam kehidupan dunia ini. Kebesaran Allah Subahnahuwwata’ala atas bumi dan galaksinya yang begitu luas membuat kami memahami bahwa kami ini bukan apa – apa. ZMP ini bertujuan untuk mengembalikan orientasi kehidupan di dunia ini. Kita mungkin tanpa sadar telah agak berbelok menjauh dari rule yang telah ditetapkan Allah Subhanahuwwata’ala, menjadi lupa bersyukur atas pemberiannya karena terlalu yakin bahwa yang kita dapat adalah sepenuhnya atas usaha kita, menjadi lupa untuk berpikir positif dalam menghadapi kesulitan hidup, karena merasa sudah menjadi hamba yang baik, sehingga kecewa dengan kesulitan yang dihadapi.

Setelah ZMP berakhir, rangkaian acara dilanjutkan dengan pengisian materi Self Application oleh sahabat Adrian, pada materi ini disampaikan bahwa sesungguhnya segala ketetapan Allah Subhanahuwwata’ala adalah baik untuk semua hambanya, walaupun ketetapan itu berupa sebuah kenyataan yang pahit, jalan berliku dan terasa sangat terjal untuk di daki, tetap saja itu tetap yang terbaik dari Allah Subahanahuwwata’ala untuk hamba Nya. Kita diajak untuk pandai mengenali tanda – tanda kebesaran Allah melalui segala ketetapan yang harus kita jalani.

Sungguh sangat mengesankan, inilah salah satu alasan mengapa penulis selalu antusias untuk menunggu kejutan-kejutan dan pesan – pesan baik di setiap gelombang Capacity Building RSUD Ajibarang.

Esok paginya, setelah sholat berjama’ah, peserta bersiap di halaman depan White House untuk senam pagi bersama. Gerakan senam yang rancak mengikuti hentakan musik, menambah semangat para peserta di pagi yang sejuk itu. Senam pagi usai, peserta pun sarapan pagi bersama, dan agenda selanjutnya, peserta akan bermain beberapa permainan sebelum kegiatan lapangan di masing-masing pos.  Permainan holahoop duduk, paralon rudalscud, dan estafet paralon semakin menambah suasana bersemangat dan riuh. Anggota kelompok yang terdiri atas berbagai profesi tidak menghalangi kekompakan dan kerjasama di setiap kelompok. Selanjutnya, semua kelompok berangkat bersama menuju masing-masing pos.

Kegiatan pos ini dilaksanakan dalam 3 pos, pos pertama yaitu pos Self Application,pos kedua yaitu pos Self Performance dan pos ketiga yaitu pos Teamwork. Pos Self Application merupakan pos yang bertugas mengajak peserta untuk menilik kembali tujuan hidup di dunia, bersama-sama mendengar kisah maing-masing dalam perjalanan mewujudkan tujuan hidup. Ada bahagia , terharu bahkan kesedihan disetiap kisah yang disampaikan peserta. Disini, semua akan belajar menjadi pendengar yang baik, belajar mengolah sebuah kisah sehingga bisa menjadi berguna atau menjadi petuah bagi dirinya sendiri. Pada pos kedua, Self Performance, peserta dituntut untuk dapat menampilkan perfoemance terbaik sebagai petugas yang bekerja di institusi pelayanan publik, tersenyum, mengucap salam, sembari menundukkan badan kepada setia orang yang melewati pos ini. Untuk pos teamwork, sudah tentu disini banyak permainan yang menuntut kerjasama tim, di pos ketiga ini, peserta sangat gembira dan bersemangat menyelesaikan tantangan yang disiapkan fasilitator.

Dan, tidak terasa, matahari semakin meninggi, waktu shalat dhuhur sudah semakin dekat, kegiatan masing-masing pos pun usai, peserta dan panitia bersiap untuk makan siang dan acara penutupan.

Penutupan diawali dengan Closing Statement dari ketua tim zero, dr.Igun Winarno, Sp.An., para peserta diminta untuk menyampaikan testimoni dari seluruh kegiatan, kemudian kegiatan ini benar-benar ditutup dengan saling bersalaman mengucapkan terimakasih dan permintaan maaf.

Beberapa peserta menyampaikan testimoni bahwa mereka senang dapat mengikuti kegiatan Capacity Building ini, selain menambah teman, kegiatan ini juga membuat mereka kembali menyadari bahwa banyak hal yang harus diperbaiki dalam kehidupan yang mereka jalani.

Demikian rangkuman kami atas kegiatan Capacity Building Gelomabang V,  semoga apa yang kami sampaikan bisa memberikan manfaat bagi pembaca yang budiman. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan, segala kebaikan datang dari Allah Subhanahuwwata’ala dan segala keburukan datang dari penulis sendiri.

Terimakasih, sampai bertemu di liputan kami selanjutnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh.(dy)

 

GALERI FOTO

Recent Works

Refresh Bantuan Hidup Dasar Bagian Administrasi dan Keuangan

Ajibarang – Tim Bantuan Hidup Dasar (BHD) RSUD Ajibarang mengadakan acara refresh BHD. Kegiata

PELAYANAN INTENSIF CARE UNIT RSUD AJIBARANG

Salam sehat untuk kita semua..... Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 25 Juli 2018, RSUD Ajibarang

IHT EWS GELOMBANG II TELAH DILAKSANAKAN

Pelaksanaan IHT Early Warning System Gelombang II telah dilaksanakan pada tanggal 17 Nopember 2018.

Komentar