PATIENT SAFETY DALAM FORUM ILMIAH KEPERAWATAN

PATIENT SAFETY DALAM FORUM ILMIAH KEPERAWATAN

Ajibarang,- Sudah menjadi kegiatan yang rutin setiap hari Jumat, setelah apel pagi para karu dan katim ditambah perwakilan ruang berkumpul dalam “Forum Ilmiah Keperawatan”, adapun materi pengisi sudah ditentukan pada beberapa hari sebelumnya. Forum ilmiah ini di bawah naungan instalasi Diklat dan PSDM.

Pada kesempatan ini forum ilmiah menampilkan tema tentang patient safety yang dibawakan oleh Haris Usman, AMK dari Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien dan Pokja SKP. Materi yang dibawakan diantaranya mengenai identifikasi pasien yaitu gelang pasien yang jangan lupa terdapat nama pasien, tanggal lahir dan nomer rekam medis, sehingga seluruh teman-teman untuk selalu melihat gelang identifikasi setiap akan melakukan tindakan. Pada proses transfusi darah juga jangan lupa untuk melakukan identifikasi dan monitoring pemantauan pemberian darah.

Haris Usman juga menerangkan tentak CABAK (Catat, Baca dan konfirmasi) yaitu tentang komunikasi efektif dalam berkonsul dengan dokter, sehingga meminimalisir kesalahan dalam tindakan yang direncanakan oleh dokter. Pada pasien resiko jatuh juga mendapat perhatian dengan memberikan segitiga penanda yang diletakkan di bed pasien dan gelang penanda.

Menurut Muhajir, S.Kep.,Ns selaku ketua forum ilmiah keperawatan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai sambung silaturakhim dan penyampaian informasi terkini tentang dunia kesehatan terutama keperawatan, hal ini pun diamini oleh beberapa kepala ruang diantaranya Riski Amalia dan Khalifah tentang manfaat forum ilmiah dan keperawatan.

By Tri Wah VK

Recent Works

SiTarOl dan Pokoke Jaim RSUD Ajibarang di Pameran Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas

Pelayanan publik berkaitan dengan suatu instansi tertentu untuk memberikan bantuan dan kemudahan kep

Uji Kompetensi Jafung Perawat RSUD Ajibarang

Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Badan PPSDMK) telah mensosialisas

Pengadaan Pegawai Non PNS Pada RSUD Ajibarang Tahun 2017

Dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM RSUD Ajibarang, dengan ini kami sampaikan bahwa RSUD Ajibarang &

Komentar