TAHAP UJIAN TULIS KREDENSIAL DAN RE-KREDENSIAL GELOMBANG PERTAMA PERAWAT DAN BIDAN

Jumat, 14 September 2018 | 8897 Kali
TAHAP UJIAN TULIS KREDENSIAL DAN RE-KREDENSIAL GELOMBANG PERTAMA PERAWAT DAN BIDAN

AJIBARANG – Rumah Sakit Daerah Ajibarang seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, kebutuhan akan pelayanan kesehatan  juga semakin pesat. Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan juga paripurna juga perlu diwujudkan oleh seluruh tim kesehatan, begitu juga mengenai kualitas kompetensi pelayanan keperawatan dan kebidanan juga perlu ditingkatkan.

Pelayanan keperawatan yang professional harus dilaksanakan oleh perawat dan bidan yang kompeten agar asuhan keperawatan atau asuhan kebidanan yang diberikan dapat dilaksanakan dengan aman. Untuk mewujudkannya maka perlu dilakukan proses kredensial tenaga keperawatan dan bidan. Kredensial sendiri adalah suatu proses evaluasi terhadap tenaga keperawatan/ kebidanan untuk menentukan kelayakan pemberian kewenangan klinis. Sedangkan proses re-kredensial adalah proses re-evaluasi terhadap tenaga keperawatan yang telah memiliki kewenangan klinis untuk menentukan kelayakan pemberian kewenangan klinis tersebut.

Dalam ujian tulis proses kredensial ini diselenggarakan oleh bagian sub kredensial komite keperawatan dan tim. Ujian tulis gelombang pertama dilaksanakan hari kamis, 13 september 2018 bertempat di ruang Rapat Rsud Ajibarang. Sebelum dilaksanakan proses ujian, terlebih dahulu dilakukan sambutan oleh Kepala Bidang pelayanan dan Keperawatan dr. Widyana Grehastuti, Msi.Med.,Sp,OG. Dalam sambutannya berpesan bahwa ujian kredensial ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kompetensi perawat dan bidan selama ini. Diharapkan pegawai baru dan yang akan naik jenjang karir yang lebih atas dapat mempertahankan kompetensi dan meningkatkannya dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan Rumah Sakit.

Selanjutnya yaitu sambutan dan arahan dari Direktur RSUD Ajibarang yaitu dr. Dani Esti Novia, dalam sambutannya beliau berpesan untuk melaksanakan kinerja dengan baik dan ikuti tahap kredensial yang sudah direncanakan. Diharapkan perawat dan bidan dapat meningkatkan kompetensinya dalam bidangnya supaya dalam memberikan asuhan kepada pasien sesuai prosedur yang ada. Dalam akhir sambutan sekaligus membuka acara ujian tulis kredensial semoga diberikan kelancaran dalam mengerjakan soal.

Proses ujian tulis kredensial ini dipandu oleh ketua Sub Kredensial Komite keperawatan yaitu Kalifah Mahardika Kusuma Negara, S.Kep.,Ns dan membacakan tata tertibnya. Peserta ujian tulis tahap pertama ini diikuti oleh 37 peserta yang terdiri dari perawat dan bidan dengan berbagai tingkatan Perawat Klinis dan Bidan Klinis. Soal berjumlah 100 soal dan dikerjakan dengan waktu 100 menit yang terdiri dari pilihan ganda dan esay.

Dengan terlaksananya ujian tulis kredensial dan re-kredensial diharapkan perawat dan bidan dapat selalu belajar lagi mengenai pengetahuan dan skill kompetensi sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Selain itu berperan aktif dalam kegiatan kediklatan baik yang diselenggarakan di dalam Rumah sakit maupun di luar Rumah Sakit. Sehingga aktifitas dalam memberikan asuhan keperawatan bisa lebih berwarna sesuai prosedur yang berlaku. (gunawan)

Related Posts

Komentar