Tim Akreditasi RSUD  Ajibarang Mengikuti Workshop “ReDOWSKo”

Tim Akreditasi RSUD Ajibarang Mengikuti Workshop “ReDOWSKo”

Jakarta – Akreditasi rumah sakit merupakan proses kegiatan peningkatan mutu pelayanan yang dilakukan terus menerus oleh rumah sakit. Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit, setelah dilakukan penialaian bahwa Rumah Sakit telah memenuhi Standar Akreditasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

RSUD Ajibarang sebagai salah satu Rumah Sakit yang telah mendapatkan penilaian Akreditasi oleh KARS, pada tahun 2017 dengan predikat “Akreditasi Paripurna” versi KARS 2012, terus berbenah dalam rangka peningkatan mutu pelayanan dan managemen. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut re-Akreditasi yang akan dilakukan pada tahun 2020 dengan versi SNARS (Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit), dan juga sebagai wujud komitmen sesuai visi dan misi RSUD Ajibarang untuk dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

Pada hari Kamis dan Jumat (14&15/2/2019), RSUD Ajibarang menugaskan 2 orang karyawan, yaitu Esti Dwi Anani, S.Kep.,Ns.,M.Kes. (Kepala Ruang IGD) dan dr Coraega Gena Ernestine untuk mengikuti Workshop ReDOWSKo. Kegiatan ini diselenggarakan langsung oleh KARS, di Hotel Harris Kelapa Gading Jakarta. ReDOWSKo sendiri adalah singkatan dari, Regulasi, Dokumentasi, Observasi, Wawancara, Simulasi dan Konfirmasi. ReDOWSKo ini merupakan tools, yang digunakan sebagai metode telusur (tracking) oleh surveior KARS dalam melaksanakan survei akreditasi.

Dalam workshop tersebut disampaikan bahwa; proses survei akreditasi rumah sakit yang dilakukan oleh surveior sekarang ini memakai alat bantu berupa checklist dengan menggunakan buka catatan. Seringkali dari buku catatan tersebut ada catatan yang tertinggal atau tidak tercatat dengan baik. Hal ini menyebabkan proses survei dan hasilnya kurang sempurna atau ada bagian-bagian penilaian yang terlewatkan.

Disampaikan oleh Dr. dr. Sutoto, M.Kes, Ketua Eksekutif KARS, “Agar proses survei dapat berjalan lebih teratur, terstruktur, dan terencana serta seragam untuk seluruh surveior dan rumah sakit maka perlu dukungan teknologi informasi yang dikemas dalam bentuk aplikasi.” ReDOWSKo merupakan suatu aplikasi, dan dapat diunduh di Google Play untuk pengguna smartphone android. ReDOWSKo dapat digunakan oleh rumah sakit untuk mempersiapkan akreditasi melalui self assessment.

Sebagai tindak lanjutnya, Tim Akreditasi RSUD Ajibarang akan mulai melakukan pelatihan penggunaan aplikasi ReDOWSKo ini sehingga dapat dengan maksimal digunakan untuk persiapan re-Akreditasi tahun 2020. Aplikasi ini akan digunakan sebagai tools oleh tim assessor internal akreditasi RSUD Ajibarang untuk melakukan tryout survei akreditasi di rumah sakit serta memantau staf dalam menjalankan regulasi rumah sakit. Hal ini sejalan dengan komitmen RSUD Ajibarang untuk dapat memberikan pelayan terbaik dan juga dapat kembali Lulus Akreditasi Paripurna di tahun 2020. (CGE)

Recent Works

PENERAPAN KODE ORANGE DI RSUD AJIBARANG

Salah satu hal penting dalam prosedur tanggap darurat adalah prosedur pemberitahuan dalam sistem kom

TRAINING EMERGENCY OBSTETRIC DAN NEONATAL CARE

Ajibarang – Salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia adalah masih tingginya angka kemati

RSUD AJIBARANG DALAM DETIK-DETIK KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-73

ALUN-ALUN PURWOKERTO,- 17 Agustus merupakan hari yang spesial bagi bangsa Indonesia, 73 tahun yang l

Komentar