Pengobatan Gratis bagi Masyarakat Gumelar

Pengobatan Gratis bagi Masyarakat Gumelar

Gumelar - RSUD Ajibarang merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah daerah Kabupaten Banyumas yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat di kabupaten Banyumas khususnya bagian barat. Sejalan dengan tujuan umum RSUD Ajibarang; yaitu memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna kepada segenap lapisan masyarakat tanpa membedakan suku, ras, dan agama; RSUD Ajibarang selalu berusaha dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Banyumas.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun RSUD Ajibarang yang ke-12, pada tanggal 2 Februari 2019 RSUD Ajibarang telah menyelenggarakan kegiatan Pengobatan Gratis & Promosi Kesehatan di Puskesmas Gumelar sebagai langkah nyata dan bentuk kepedulian rumah sakit terhadap kesehatan masyarakat. Gumelar merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas yang terletak di bagian barat dengan jalan yang berkelok-kelok dan akses rumah sakit yang cukup sulit (sekitar 1-2 jam tempuh ke RSUD Ajibarang) sehingga membuat akses pelayanan ke dokter spesialis menjadi kurang maksimal.

Rangkaian acara yang terdiri dari penyelenggaraan poli spesialis dan promosi kesehatan ini dibuka langsung oleh dr. Dani Esti Novia selaku direktur RSUD Ajibarang, dan diikuti oleh sekitar 300 pasien yang terbagi ke dalam lima poli spesialis. Kelima poli tersebut meliputi Poli Saraf dengan dr. Noegroho Harbani, M.Sc, SpS; Poli Penyakit Dalam dengan dr. Nani Widorini, SpPD; Poli Kebidanan dengan dr. Hesa Kusuma, SpOG; Poli Anak dengan dr. Din Alfina, SpA; serta Poli Paru dengan dr. Inge Cahya Ramadhani, SpP. Selain konsultasi dan pemeriksaan, pelayanan kesehatan yang diberikan juga meliputi USG kandungan, injeksi artikular untuk manajemen nyeri pasien saraf, serta pemeriksaan rekam jantung.

Sebagai bentuk kepedulian rumah sakit akan pentingnya pencegahan primer, tim PKRS juga berpartisipasi dalam promosi kesehatan yang diikuti oleh pasien-pasien yang sedang menunggu antrian ke poli spesialis. Materi yang dibawakan terdiri dari kebersihan tangan, pembentukan postur tubuh, dan pencegahan HIV. Tidak hanya itu, tim promkes juga mensosialisasikan langkah-langkah pendaftaran online kepada masyarakat guna memudahkan pelayanan kesehatan ke RSUD Ajibarang.

“Saya senang dapat ikut serta dalam acara pengobatan gratis ini. Pasien disini bervariasi, dari yang sakit ringan hingga pasien tuberkulosis resisten obat dengan HIV positif berobat rutin di poli paru puskesmas,” komentar dr. Inge, SpP. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Gumelar dan sekitarnya yang sering kesulitan mendapatkan pelayanan dokter spesialis. (MRD)

Recent Works

RSUD AJIBARANG MENAMBAH DOKTER SPESIALIS BARU

Ajibarang, - RSUD Ajibarang terus berkembang, hari ini kedatangan 4 dokter spesialis baru untuk mena

PERUBAHAN PELAYANAN RUANG RAWAT INAP

RSUD Ajibarang senantiasa melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan terutama unt

CAPACITY BUILDING RSUD AJIBARANG MEMBANGUN MENTALITAS BEKERJA YANG BERFOKUS PADA TITIK FITROH

Harris hotel ,- Setiap pagi, sore dan kadang malam kita berangkat bekerja menuju ladang kemakmuran y

Komentar