RSUD AJIBARANG MEMPERINGATI HARI CUCI TANGAN SEDUNIA

RSUD AJIBARANG MEMPERINGATI HARI CUCI TANGAN SEDUNIA

AJIBARANG – Pada kesempatan Yang bertepatan dengan Hari cuci tangan sedunia, yang jatuh pada hari sabtu, tanggal 15 oktober 2022 Tim IPCN RSUD Ajibarang  yang terdiri dari Fajar Rubiyanti, S.Kep.,Ns dan Soni Handoyo, AMK kembali melakukan sosialisasi Kebersihan tangan di rawat jalan, rawat inap. Hal ini dilakukan untuk menyemangati lagi seluruh stake holder di rumah sakit untuk selalu ingat 5 momen cuci tangan dan 6 langkah cuci tangan.

Fajar mengatakan bahwa di RSUD Ajibarang, tidak hanya saat momen hari cuci tangan saja, tetapi Hand Hyegien menjadi edukasi rutin yang disampaikan tim IPCN RSUD Ajibarang,  sehingga setiap kali ada kesempatan kami selalu meminta beberapa teman untuk mempraktekkan 6 langkah Hand Hyegien dan Five Moment. Untuk mendukung program ini,  RSUD Ajibarang sudah menyiapkan fasilitas seperti Handrubs dan wastafel serta tisu sebagai pendukung kegiatan Hand Hyegien.

"Petugas di lakukan refres mengenai standar precaution, Hand Hygien, cuci tangan, penggunaan APD yg benar dan sesuai peruntukannya " Tambahnya.

Soni Handoyo, S.Kep.Ns. yang juga IPCN purna Waktu juga menambahkan bahwa kagiatan ini sangat penting untuk saling mengingatkan dalam pencegahan infeksi, dengan sering melakukan sosialisasi hand hygiene ini sehingga karyawan dan pengunjung RS jadi terbiasa.

Selain itu juga dijelaskan bahwa bahwa dalam akreditasi Rumah Sakit ada namanya Indikator Mutu Nasional Rumah Sakit yaitu salah satunya Cuci tangan, dan Penggunaan APD sesuai dengan indikasi. Oleh karena itu, kita budayakan setiap 5 momen dan 6 langkah cuci tangan sesuai dengan WHO.   

Hand Hyegien menjadi edukasi rutin yang disampaikan tim IPCN RSUD Ajibarang,  sehingga setiap kali ada kesempatan kami selalu meminta beberapa teman untuk mempraktekkan 6 langkah Hand Hyegien dan Five Moment..” Pungkas Soni.

Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan secara rutin kami berharap akan meningkatkan pengetahuan seluruh petugas sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Ajibarang.(gude)

 

Related Posts

Komentar