RSUD AJIBARANG OPTIMIS MENYONGSONG 2021

RSUD AJIBARANG OPTIMIS MENYONGSONG 2021

Munculnya sebuah wabah virus di Wuhan pada akhir tahun 2019 telah menggemparkan dunia, banyak teori didalamnya, teori keilmuan maupun teori konspirasi. Realita korban berjatuhan dan terus bertambah serta telah berjalan selama tahun 2020. Banyak faktor berperan didalamnya, protokol kesehatan : cuci tangan sesering mungkin setelah kontak, menggunakan masker, dan menjaga jarak serta menghindari kumpul-kumpul, ternyata sangat sult untuk dipatuhi oleh masyarakat Indonesia. Menurut laporan Menkes yang baru lebih dari 500 jiwa tenaga kesehatan meliputi dokter, perawat, bidan, apoteker dan lainnya yang telah gugur dalam memberikan pelayanan covid-19.

RSUD Ajibarang sebagai salah satu unit pelayanan kesehatan di Kabupaten Banyumas telah berbenah diri dan aktif dalam menunjang pelayanan dan penanganan pasien-pasien yang terkena dampak penyebaran virus covid-19 ini. Sebagaimana dilaporkan oleh Kepala Bagian Pelayanan dr. H. Hermanto, MM bahwa untuk menunjang pelayanan pandemi covid0-19, RSUD Ajibarang telah menyediakan sarana ruang isolasi airbone dengan tekanan negatif sebanyak 53 tempat tidur, ruang khusus di IGD, peningkatan pelayanan dengan penyediaan ruang ICU khusus untuk pasien yang terkonfirmasi covid-19 dengan bergejala berat, dan sampai saat ini tingkat hunian ICU selalu terisi oleh pasien-pasien confirmed. RSUD Ajibarang juga telah menyediakan ruang operasi khusus untuk pasien Covid-19, dengan anteroom bertekanan negatif, hal ini dikarenakan hampir setiap hari selalu ada pasien terskrening dengan covid-19.

Direktur RSUD Ajibarang dr. Widyana Grehastuti, MSi.Med, SpOG mengucapkan syukur bahwa pelayanan di tahun 2020 masih bisa berjalan dengan baik, walau banyak kendala yang muncul, penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) masih bisa didapat dan diharapkan tahun 2021 bisa mendapatkan penghargaan  Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Beliau juga menyampaikan harapan di tahun 2021 RSUD Ajibarang terus bisa mengembangkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Banyumas dan memudahkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas sehingga bisa mendukung apa yang menjadi visi misi Bupati di bidang kesehatan. Beliau juga mengucapkan syukur salah satu wujud peningkatan pelayanan sudah terwujud dengan selesainya pembangunan ruang IGD baru dan pelayanan Hemodialisa (HD) yang sudah bisa dilaksanakan di RSUD Ajibarang.

Gambar : IGD Baru RSUD AJIBARANG

Dengan peningkatan kasus covid-19 ini beliau berharap untuk masyarakat umum dan khususnya seluruh civitas rumah sakit,  selalu berdoa untuk dihindarkan dari sakit dan bisa menjaga protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin bila terkontaminasi dan juga tidak lupa dengan menjaga diri istirahat yang cukup, makan yang bergizi dan mengkonsumsi vitamin. “Mari songsong 2021 lebih optimis untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih baik” Kata Direktur melanjutkan.

Ada sebuah harapan baru dalam penanganan wabah pandemi ini, yaitu dengan datangnya vaksin covid-19 yang telah diusahakan pemerintah ditengah permintaan dunia yang begitu banyak, seyognyanya marilah kita dukung kesuksesan peningkatan imunitas ini dengan suksesnya pelaksanaan vaksin di Indonesia. (ed.web.goens”GN”)

Galeri foto :

Gambar : Ruang Pelayanan Hemodialisa RSUD Ajibarang

Gambar : Ruang ICU Airbone Covid-19

Related Posts

Komentar