DOKTER INTERNSIP KEMBALI HADIR DI RSUD AJIBARANG

DOKTER INTERNSIP KEMBALI HADIR DI RSUD AJIBARANG

Ajibarang,- RSUD Ajibarang sebagai unit pemberi pelayanan kesehatan ikut berperan dalam Program Internsip Dokter Indonesia dengan memberikan wahana untuk pematangan dokter internsip. Setelah Pertengahan bulan Nopember 2018 program angkatan ke IV berakhir, disusul dengan kedatangan sejumlah 17 dokter untuk mengikuti program PIDI selama satu tahun. Selama satu tahun ini mereka dibawah bimbingan dr. Riski Oktarifa dan dr. Dwi Budi Susanto. Selama mengikuti program dokter internsip di rumah sakit juga dibawah pengawasan  Instalasi Diklat dan PSDM serta Bidang Pelayanan. Mereka akan mematangkan diri di unit gawat darurat, ruang perawatan serta monitoring pada kasus di ruang intensive. Sebelum memasuki area pelayanan di RSUD Ajibarang, dokter internsip mengikuti program orientasi dari Instalasi Diklat dan PSDM, disamping itu mereka segera mengikuti salah satu kompetensi pelatihan IHT Early Warning System di RSUD Ajibarang.

Sebagai bahan pengingat bahwa Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di bidang.  Undang-Undang Praktik Kedokteran No. 29 tahun 2004 dan perkembangan  global dalam etika praktik kedokteran mensyaratkan bahwa pasien tidak boleh dijadikan objek praktik mahasiswa kedokteran. Hal ini dilakukan untuk menghormati hak-hak azasi pasien. Adanya perubahan mendasar dalam pengendalian praktik kedokteran berdampak pada proses pendidikan dokter, khususnya masa pendidikan klinik selama masa kepaniteraan klinik. Selama masa kepaniteraan klinik, mahasiswa tidak lagi menangani pasien secara mandiri tanpa supervisi yang ketat. Tanggung jawab mutu pelayanan dan legal aspek  selama kepaniteraan klinik berada pada pembimbingnya. Melihat perkembangan tersebut, untuk meningkatkan kemahiran dan pemandirian dalam melaksanakan praktik kedokteran maka diperlukan proses pelatihan keprofesian pra-registrasi. Proses ini dikenal di berbagai negara sebagai program internship atau housemanship.

Internsip adalah Proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Instalasi Diklat dan PSDM

Recent Works

CAPACITY BUILDING RSUD AJIBARANG MEMBANGUN MENTALITAS BEKERJA YANG BERFOKUS PADA TITIK FITROH

Harris hotel ,- Setiap pagi, sore dan kadang malam kita berangkat bekerja menuju ladang kemakmuran y

RSUD AJIBARANG DI HARI PERTAMA SETELAH LEBARAN

Ajibarang,- Libur lebaran telah usai untuk para ASN, H+5 atau tepatnya di tanggal 10 Juni 2019 ini s

Rakor DPC PORMIKI Kabupaten Banyumas di RSUD Ajibarang

Bertempat di ruang rapat RSUD Ajibarang, Jumat (27/07/2018) 18 orang Pengurus DPC Perhimpunan Profes

Komentar