PENUTUPAN KEGIATAN ORIENTASI CPNS RSUD AJIBARANG

PENUTUPAN KEGIATAN ORIENTASI CPNS RSUD AJIBARANG

Ajibarang – Kegiatan orientasi menjadi suatu agenda wajib yang dilakukan oleh Bagian Diklat dan PSDM RSUD Ajibarang kepada pegawai baru. Hal ini berlaku pula bagi CPNS Dokter dan Perawat RSUD Ajibarang tahun 2019. Setelah secara resmi menerima SK CPNS dan ditempatkan di RSUD Ajibarang, sebelum dapat memberikan pelayanan, para CPNS ini wajib mengikuti kegiatan orientasi. Kegiatan orientasi ini bertujuan untuk mengenalkan bagaimana pola kerja, SOP-SOP pelayanan pasien di RSUD Ajibarang, dan juga sebagai wahana untuk meningkatkan silahturahmi dengan para civitas hospitalia di RSUD Ajibarang.

Kegiatan orientasi CPNS tahun 2019 dilaksanakan kurang lebih sepekan (4-11 Maret 2019). Sedikit berbeda dengan kegiatan-kegiatan orientasi pegawai sebelumnya, untuk kegiatan orientasi CPNS ini, bagian diklat mengangkat tema, “Dari CPNS untuk RSUD Ajibarang.” Maksudnya adalah jika selama ini kegiatan orientasi lebih didominasi dengan pemberian materi secara classical, untuk kesempatan ini para CPNS diajak aktif untuk mencari tahu sendiri lalu kemudian baru menyampaikannya saat pemamaparan laporan orientasi. Selain untuk mengurangi kejenuhan, dengan sistim seperti ini dapat memaksa para CPNS agar dapat lebih aktif dalam mengenal bagaimana lingkungan dan pola kerja serta SOP-SOP pelayanan di RSUD Ajibarang.

Pada hari Senin (11/03/2019) lalu, dilakukan kegiatan pemamaparan laporan orientasi CPNS RSUD Ajibarang. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur RSUD Ajibarang, Jajaran Managemen, Kepala Ruang dan Kepala Instalasi serta para CPNS. Kegiatan ini dipandu oleh CPNS dari formasi Dokter Umum, yaitu dr Coraega dan dr Dita Wahyu. Para perwakilan kelompok secara bergantian memaparkan apa yang telah mereka pelajari dan masalah yang mereka temukan selama orientasi sesuai dengan kelompoknya. Terdapat 5 kelompok yang melakukan presentasi dengan masing-masing materinya mencakup Kegawatdaruratan, Kerumahsakitan, Standar Keselamatan Pasien, Manajemen Limbah RS dan K3RS.

Masing-masing masalah di-breakdown menggunakan sistim PDSA. PDSA sendiri merupakan kepanjangan dari Plan, Do, Study, dan Action. dr Igun Winarno, Sp.An selaku ketua Diklat dan PSDM RSDU Ajibarang menekankan, “Aktiflah bertanya dan mencari tahu, kepada para pegawai. Cari tahu bagaimana itu cara kerja tim Emergency, Code Blue, Code Red, penggunaan APAR dan banyak lain. Lalu cari mana yang kurang pas, atau mana yang bias diangkat sebagai masalah untuk didiskusikan bersama.”

Setelah dilakukan kegiatan pemaparan, secara resmi kegiatan orientasi CPNS Dokter dan Perawat RSUD Ajibarang telah berakhir. Kegiatan penutupan orientasi diakhiri dengan Foto Bersama para CPNS dengan Direktur RSUD Ajibarang dan jajaran managemen serta para Karu dan Ka Instalasi. Mulai hari ini (11/03/2019) para CPNS sudah aktif dan melakukan pelayanan sesuai dengan tupoksinya. (CGE)

RSUD AJIBARANG CERIA - CPNS TH 2019 bersama Direktur

Recent Works

EVALUASI PELAYANAN PUBLIK RSUD AJIBARANG OLEH TIM KEMENPAN RB

  RSUD Ajibarang sebagai unit pelayanan publik dari Pemerintah Kabupaten Banyumas, selama ini

PELATIHAN PEMULASARAAN JENAZAH DENGAN PENYAKIT MENULAR DI PUSKESMAS PURWOKERTO BARAT

Kasus HIV AIDS di Indonesia masih terus meningkat dan pada saat ini jumlah orang yang pernah didiagn

PELAYANAN FOTO TERAPI DI RSUD AJIBARANG

Fototerapi rumah sakit merupakan tindakan yang efektif untuk mencegah kadar Total Bilirubin Serum (T

Komentar