PELATIHAN DASAR (LATSAR) CPNS TAHUN 2019 ANGKATAN VI RSUD AJIBARANG

PELATIHAN DASAR (LATSAR) CPNS TAHUN 2019 ANGKATAN VI RSUD AJIBARANG

BATURRADEN - RSUD Ajibarang telah menerima 19 CPNS Tenaga Kesehatan berdasarkan hasil tes pengadaan CPNS Kabupaten Banyumas melalui Jalur Umum Tahun 2018. Semua CPNS yang diterima tersebut telah melalui proses Orientasi dari Bidang Diklat dan PPSDM RSUD Ajibarang dan telah ditempatkan di berbagai Ruang Pelayanan di RSUD Ajibarang. Para CPNS ini secara bertahap dikirimkan untuk mengikuti Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) sesuai dengan Keputusan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Banyumas Nomor 893.3/10/2019 tentang Penunjukan Peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Banyumas Tahun 2019.

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).  Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil pasal 34 disebutkan bahwa Calon PNS wajib menjalani masa percobaan selama satu tahun yang merupakan masa prajabatan melalui Pendidikan dan Pelatihan Dasar.

Pada hari Senin (17/06/2019) sebanyak 5 orang Perawat Ners dari RSUD Ajibarang mulai mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Kabupaten Banyumas Tahun 2019 Angkatan VI yang di laksanakan di Kantor Diklat kabupaten Banyumas. Pelatihan Dasar secara keseluruhan diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari tenaga Dokter Umum, Dokter Gigi, dan Perawat Ahli Pertama dari berbagai Instansi Kesehatan di wilayah Kabupaten Banyumas. Kegiatan Latsar CPNS ini terdiri dari 2 bagian, yaitu kegiatan on campus  dan off campus.

Kegiatan on campus Latsar CPNS ini terdiri atas 3 agenda, Pertama adalah Sikap dan Perilaku Bela Negara, yang Kedua Nilai-nilai Dasar ASN yang terdiri dari 5 nilai yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA). Agenda Ketiga adalah Kedudukan dan Peran ASN dalam NKRI. Selama kegiatan on campus seluruh peserta tinggal di asrama dan mengikuti materi yang diberikan oleh para widyaiswara. Setelah mendapatkan materi, peserta dituntut untuk membuat rancangan kegiatan aktualisasi yang akan dihabituasikan di Instansi masing-masing selama 30 hari kerja kegiatan off campus. Puncak dari kegiatan on campus ini adalah dilaksankannya ujian evaluasi akademik pada hari Senin (08/07/2019) terkait seluruh materi yang telah diberikan kepada semua peserta Latsar. Setelah itu, pada hari Kamis (11/07/2019) peserta juga harus melaksanakan seminar evaluasi rancangan aktualisasi yang telah dibuat.

Bagian Kedua dari rangkaian Latsar CPNS adalah kegiatan off campus. Rancangan kegiatan aktualisasi yang telah dibuat dan diseminarkan oleh masing-masing peserta Latsar dari RSUD Ajibarang secara resmi mulai dihabituasikan pada tanggal 12 Juli 2019 – 10 Agustus 2019. Masing-masing tema yang diambil dari kelima peserta tersebut yaitu, Amalia Herwidi Astuti mengambil tema tentang pelaksanaan pendidikan Kesehatan (penkes) tentang Tuberculosis (TB); Cahyani Agustin Setyati tentang Peran Ibu Dan Keluarga Dalam Merawat Bayi Baru Lahir; Vera Yunitasari tentang Pelaksanaan Discharge Planning (Perencanaan Pulang) Pada Keluarga Pasien; Anisa Kharisma Wati tentang Perawatan Dan Pencegahan Infeksi Pada Pasien Post Operasi; dan Dwijayanti Mei Ana Dewi tentang Sasaran Keselamatan Pasien.

Proses aktualisasi dan habituasi dilaksanakan oleh peserta selama 30 hari dengan mendapatkan bimbingan dari Kasie Keperawatan Bapak Nasim, S.Kep,Ns selaku mentor, Tim Promosi Kesehatan, Karu/Katim dan teman teman Di Ruang Rawat Inap selama Latsar .

Bapak Nasim, S.Kep.,Ns mengatakan bahwa peserta Latsar setelah menyelesaikan proses aktualisasi dan habituasi selama 30 hari, peserta Latsar kembali mengikuti kegiatan on campus. Seluruh peserta membuat laporan hasil kegiatan dan aktualisasi yang kemudian diseminarkan pada hari Selasa (13/08/2019).

Proses evaluasi pelaksanaan aktualisasi dilakukan oleh Narasumber, Mentor, dan Coach yang telah ditentukan. Pada hari Jumat (16/08/2019) sebelum acara ditutup ketua panitia mengumumkan peserta dengan kategori lusan sangat memuaskan di angkatan VI sebanyak 15 orang dari 40 peserta Latsar salah satunya adalah peserta Latsar dari RSUD Ajibarang yaitu Dwijayanti Mei Ana Dewi.,S.Kep.Ns., LULUS dengan nilai Sangat Memuaskan Urutan Empat.

”selamat kepada peserta Latsar dari RSUD Ajibarang yang terdiri dari 5 Perawat Ahli yang sudah menyelesaikan kegiatan dengan baik dan semoga dapat melaksanakan tugas dan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama Pelatihan Dasar di Kantor Diklat Baturraden dengan sebaik-baiknya untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan kita dengan paripurna” tutur pak nasim di akhir penutupan Latsar di Kantor Diklat Baturraden.

Selanjutnya dilaksanakan penutupan kegiatan Pelatihan Dasar CPNS yang dipimpin oleh Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Banyumas, oleh Bapak Drs. Ahmad Supartono, MM. dan serta diumumkan hasil penetapan kelulusan hasil Latsar dengan 100% peserta dinyatakan telah lulus. (Ns/gude)

Recent Works

CAPACITY BUILDING Sepi Ing Pamrih rame Ing gawe GELOMBANG V“ I KNOW YOU, YOU KNOW ME, SO WE KNOW EACH OTHER”

Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh Para pembaca yang dirahmati Allah Subhanahuwwata&

RSUD AJIBARANG MENGADAKAN PELATIHAN SISMADAK

Dengan diberlakukannya Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1 pada tahun 2018, dan

Dr. Hesa Kusuma A, SpOG Bersafari Dalam Deteksi Dini Tanda Bahaya Kehamilan Ibu dan Keluarga

Kabupaten Banyumas terus berbenah dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan bayi, hal ini juga

Komentar