RAKOR INSTALASI ANESTESIOLOGI DAN TERAPI INTENSIF (ATI) RSUD AJIBARANG

Sabtu, 29 Juni 2019 | 4007 Kali
RAKOR INSTALASI ANESTESIOLOGI DAN TERAPI INTENSIF (ATI) RSUD AJIBARANG
 

AJIBARANG - Hari sabtu ini (29/06/2019) diselenggarakan Rapat Koordinasi Instalasi Anestesi dan Terapi Intensif (ATI) RSUD Ajibarang. Rakor diadakan di Ruang Diskusi ICU dan dihadiri oleh; Dokter Spesialis Anestesi, Dokter Umum Jaga ICU, Dokter Internship, dan Perawat-perawat ICU. 

Rakor dibuka langsung oleh Kepala Ruang ICU, Khalifah Mahardika. Rakor secara garis besar diisi dengan Studi Kasus oleh narasumber dr Igun Winarno, Sp.An, selaku Kepala Instalasi Anestesi dan Terapi Intensif RSUD Ajibarang.

Kasus yang diangkat dibahas dalam Rakor ICU hari ini adalah ACS (Acute Coronary Syndrome), Stroke, KAD (Ketoasidosis Metabilolik) dan HONK (Hiperosmolar Non Ketotik). Pembahasan kasus-kasus ini didasarkan dari kasus-kasus pasien tersering yang akhir-akhir ini dirawat di Ruang ICU RSUD Ajibarang. 

Dr Igun SpAn menyampaikan bahwa pemahaman mengenai patofisiologi kasus-kasus diatas sangatlah penting, tidak hanya bagi Dokter, melainkan juga bagi perawat. Hal ini karena perawat dan dokter dalam merawat pasien adalah team sehingga harus saling memback-up. Dengan adanya pemahaman yang baik terhadap kasus-kasus diatas, maka harapannya perawat pun dapat lebih aware dan bisa memberikan saran yang relevan kepada Dokter yang nantinya berguna untuk perbaikan kondisi pasien. 

"Sayangilah Pasien-pasienmu," merupakan penutup yang diberikan oleh dr Igun, Sp.An dalam Rakor ICU hari ini. Ungkapan diatas memang memiliki arti yang dalam. Bahwa memang ketika kita (paramedis) dalam merawat pasien selalu berprinsip "Saya sayang pasien ini" InsyaAllah kita pun akan bekerja ikhlas bukan karena tuntutan. 

Yang perlu diingat, meskipun ada yang menganggap sepele, namun menyelamatkan seorang nyawa manusia akan mendapatkan pahala seperti memelihara kehidupan seluruh umat manusia.

Allah SWT Berfirman: 

“Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” (QS. Al Maidah: 32)

 

Salam Sehat Selalu. 

RSUD Ajibarang - CERIA

(cge)

 
  
Usai Rakor, Berfoto Bersama

Related Posts

Komentar