KOORDINASI DIREKTUR MENGHADAPI VISITASI I KARS

KOORDINASI DIREKTUR MENGHADAPI VISITASI I KARS

Ajibarang,- Tidak terasa waktu terus berjalan, masih jelas ingatan civitas RSUD Ajibarang dalam menghadapi penilaian surveior KARS. Perjuangan dan persiapan tidak sia-sia karena telah menghasilkan penilaian Akreditasi Paripurna Bintang Lima dari KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit).

Memang tidak 100 persen sempurna dalam proses penilaian surveior KARS, ada beberapa hal yang harus diperbaiki untuk lebih meningkatkan mutu kulitas pelayanan dan keselamatan pasien. RSUD Ajibarang dengan dikoordinasi oleh Direktur RSUD Ajibarang terus melakukan pembenahan dengan menyusun Program Perencanaan Perbaikan Strategis (PPS).

Diantara perencanaan perbaikan RSUD Ajibarang yaitu sistem informasi rumah sakit yang terpusat. Hal ini telah dilakukan perencanaan dengan menggandeng penggunaan SISMADAK dalam pengeloalan informasi data dan informasi berbasis line lainnya. Kekurangan beberapa dokumen juga telah diinventarisasi dan ditindak lanjuti dengan pertemuan, penyusunan dokumen dan sosialisasi ke unit terkait.

Pelayanan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan bayipun telah dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan IHT (in house training) Pelatihan integrasi pelayanan PONEK yang meliputi bagaimana penanganan kegawatdaruratan obstetric, system rujukan, penanganan syok, resusitasi neonatus dan penanganan henti jantung pada pasien hamil (BHD). Pelatihan ini melibatkan unsur internal rumah sakit juga melibatkan stakeholder faskes sekitar, klinik maupun puskesmas terutama unsur dokter dan bidannya.

Beberapa perbaikan sarana prasarana yang masih kurang juga telah dilakukan, diantaranya sedikit kekurangan untuk menunjang Hand Higiene dalam menurunkan angka infeksi di rumah sakit. Penandaan pasien resiko jatuh juga membutuhkan penanda yang lebih banyak, ini juga sudah direspon oleh tim PMKP sub keselamatan pasien dengan melakukan pengusulan penambahan jumlah sarana dan sosialisasi ulang penanda resiko jatuh. Perencanaan Perbaikan lainnya secara umum menurut laporan telah dilakukan dengan baik

Direktur RSUD Ajibarang selalu memeperhatikan apa yang menjadi program dari Pokja dalam perencanaan perbaikan. Beliau  memerintahkan di jajaran managemen untuk memonitor jalannya program perbaikan seperti yang direncanakan dan dianjurkan oleh KARS dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

Persiapan menuju visitasi juga ditanggapi dengan serius oleh direktur RSUD Ajibarang dr. Dani Esti Novia dengan melakukan koordinasi antar pokja dan managemen untuk memastikan kesiapan dan kendala yang dihadapi dalam visitasi pertama oleh KARS. Pada kesempatan yang sama direktur juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Akreditasi, Ketua dan PJ Dokumen Pokja dan seluruh civitas RSUD Ajibarang dalam kerja keras dan kerja ikhlasnya dalam memperhatikan kualitas mutu dan keselamatan pasien. Semoga kita mendapat apresiasi yang baik dari KARS demikian harapan beliau dalam menutup pertemuan koordinasi. Aamiin.

By goens”GN”

Recent Works

Akreditasi : Survei Verifikasi Tahun Kedua Menuju RSUD Ajibarang Tetap Paripurna

Ajibarang, -Dua tahun sudah RSUD Ajibarang menyandang sebagai rumah sakit dengan terkareditasi parip

Uji Kompetensi Jafung Perawat RSUD Ajibarang

Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Badan PPSDMK) telah mensosialisas

LEADERSHIP DALAM ORGANISASI

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu organisasi adalah kepemimpinan. Dimana kepemimp

Komentar