PENDIDIKAN KESEHATAN PENYAKIT TUBERKULOSIS DI ACARA TMMD

PENDIDIKAN KESEHATAN PENYAKIT TUBERKULOSIS DI ACARA TMMD

Ajibarang - Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Ajibarang ikut berpartisipasi dalam Acara TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) di balai Desa Sawangan, Jumat (27/07/2018).

Acara yang dihadiri oleh jajaran Kodim, perangkat Desa Sawangan dan masyarakat diisi materi Pendidikan Kesehatan tuberculosis.

Nasim,S.Kep Ns yang juga sebagai Kasi Keperawatan RSUD Ajibarang menyampaikan bahwa Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TB yang menyerang manusia, terutama pada paru, bukan penyakit turunan dan bukan kutukan ataupun guna-guna.

“Cara penularannya adalah melalui udara pada saat penderita TB batuk, bersin atau berbicara.Jika daya tahan tubuh lemah orang yang menghirup bisa terkena sakit TB,” katanya.

Puji Arfianto, AMK petugas Kesehatan RSUD Ajibarang menambahkan bahwa “gejala gejala TB diantaranya batuk, demam meriang berkepanjangan, sesak nafas dan nyeri dada, berkeringat tanpa sebab terutama pada malam hari, badan lemas, nafsu makan berkurang, berat badan menurun. “Bila ada yang memiliki gejala TB, untuk segera memeriksakan ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat”. 

Dalam sesi diskusi yang kurang lebih berlangsung kurang lebih 15 menit, ternyata pembicara mendapat pertanyaan diluar materi.  Diantaranya tentang gelang pasien yang berwarna warni, ada yang mempersepsikan kalau warna gelang sesuai  dengan status pembayaran.  Apakah umum, BPJS atau yang lainnya.

Dijelaskan oleh Nasim, S.Kep Ns bahwa gelang itu digunakan sebagai  penanda pasien yang meliputi : warna biru untuk pasien laki laki, pink untuk pasien perempuan, kuning untuk pasien resiko jatuh, merah untuk pasien ada riwayat alergi dan warna ungu untuk pasien tidak mau dilakukan resusitasi (DNR).

Acara yang dimoderatori oleh Pajrin Aris Aryanto, S.Kep.Ns dan dokumentasi Sandy, Amd RMIK ini ditutup dengan pemberian doorprize dan dokumentasi. Semoga dengan materi singkat  yang disampaikan dalam acara TMMD membawa manfaat, bisa lebih mendekatkan masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan dengan Rumah Sakit sebagai pemberi layanan kesehatan.(ags)

Recent Works

RSUD AJIBARANG MENAMBAH DOKTER SPESIALIS BARU

Ajibarang, - RSUD Ajibarang terus berkembang, hari ini kedatangan 4 dokter spesialis baru untuk mena

Peran Tim EWS RSUD Ajibarang bagi Rumah Sakit Sekitar

Bumiayu - Henti nafas dan henti jantung merupakan kondisi emergensi yang membutuhkan penanganan sege

HASIL SELEKSI PENGADAAN PEGAWAI NON PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA RSUD AJIBARANG TAHUN 2017

Berdasarkan  hasil Tes Wawancara dan  Tes Kesehatan yang diselenggarakan pada hari Selasa

Komentar