PELATIHAN “CAREGIVER” LANSIA DI PUSKESMAS KEDUNG BANTENG

PELATIHAN “CAREGIVER” LANSIA DI PUSKESMAS KEDUNG BANTENG

KEDUNG BANTENG – Dalam rangka melaksanakan Program Kesehatan Lansia, Puskesmas Kedung Banteng menyelenggarakan Pelatihan Caregiver bagi kader lansia.  Pelatihan dilaksanakan di Aula Puskesmas Kedung Banteng yang  diikuti oleh kader lansia dari seluruh desa di  Kecamatan Kedung Banteng. Kegiatan pelatihan dibuka Kepala Puskesmas Kedung Banteng. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 3 oktober 2022 bekerjasama denan tim promosi kesehatan RSUD Ajibarang bagian Fisioterapi.

Dalam sambutannya  disampaikan bahwa  tujuan dari pelatihan caregiver ini adalah memberikan bekal  kepada kader lansia dalam memenuhi kebutuhan dasar mengenai lansia, komunikasi lansia, bagaimana merawat lansia, pemenuhan gizi bagi lansia serta upaya perawatan penyakit degeneratif.

“Kader yang dilatih diharapkan mampu mengembangkan ilmunya untuk membina kader kader lain di masing masing desa dan juga bagi keluarga pendamping lansia. Caregiver adalah orang yang memberikan jasa perawatan atau pengasuhan bagi orang lain. Caregiver dapat merawat seseorang yang membutuhkan bantuan dan perhatian khusus dalam menjalankan kesehariannya. Kebanyakan orang mengidentikkan arti caregiver sebagai perawat manula atau lansia”, tambahnya

Lansia (lanjut usia) adalah seseorang yang telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupan. Kelompok lansia menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia adalah setiap orang yang telah berumur 60 tahun (ke atas), baik yang masih produktif maupun yang sudah tidak produktif. Lansia pasti akan mengalami penurunan kondisi fisik, psikosologis maupun sosial yang  saling berkaitan satu sama lain. Keadaan ini cenderung  berpotensi menimbulkan masalah kesehatan sehingga dapat menyebabkan suatu keadaan ketergantungan kepada oang lain.

Bapak Jasun, S,Kep.,Ns, MM selaku Kasi Kerjasama dan Mutu RSUD Ajibarang menambahkan bahwa Pada kondisi inilah keberadaan caregiver  sangat diperlukan. Caregiver membantu meringankan beban lansia yang mengalami masalah kesehatan supaya  bisa menjalani aktivitas sehari-hari secara normal.
Sumber.

Lanjut Pada promkes hari ini dilakukan edukasi kepada kader lansia bagaimana cara melakukan gerakan- gerakan yang bisa diajarkan ke lansia oleh petugas Fisioterapi RSUD Aibarang. Sehingga nantinya dapat membantu kualitas hidup lansia menjadi lebih baik dan lebih produktif. (gude)

Related Posts

Komentar