IHT "SERVICE EXCELLEN" UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA DI RSUD AJIBARANG
AJIBARANG - Setelah sekian lama, semenjak pandemi covid-19 melanda Dunia termasuk Indonesia, dan setelah Kabupaten Banyumas dinyatakan masuk dalam level II, untuk pertama kalinya RSUD Ajibarang kembali mengadakan pertemuan tatap muka “In House Training Service Excellent” pada hari Rabu, 03 November 2021 untuk gelombang pertama. Kegiatan IHT ini bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pegawai dalam memberikan service excellent kepada pasien di RSUD Ajibarang. IHT Service Excellent gelombang 1 ini dihadiri oleh 50 peserta, sesuai undangan yang dibagikan.
Kegiatan ini dibuka oleh dr. Widyana Grehastuti, Sp.OG.,M.Si.Med selaku Direktur RSUD Ajibarang. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada pasien, kita harus bisa memberikan yang terbaik dengan ikhlas dan hanya diniatkan untuk mendapat ridho Allah SWT. Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.
“Yang kita layani di Rumah sakit ini adalah pasien-pasien yang membutuhkan pertolongan kita, maka marilah kita layani dengan baik, ramah, ceria, dan menyenangkan. semoga apa yang sudah kita lakukan kepada pelanggang kita juga sebagai ladang amal ibadah kita”, imbuh Ibu Direktur.
Pada Materi I, dimulai dengan presentasi kasus dan diskusi kasus “Ibu Surti” yang disampaikan oleh Coach dr. Igun Winarno, Sp.An. Diceritakan sebuah kisah seorang ibu surti dengan segala lika liku perjalananya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di sebuah rumah sakit. Audience diminta untuk menganalisa masalah yang ada dalam cerita tersebut dan merancang bagaimana solusinya.
Menginjak Materi II menerangkan mengenai “Sisi Batiniah Service Excellent” yang disampaikan oleh Coach Ninu Desyarni, S.Kep.,Ns. Materi ini mengupas aspek-aspek batiniah yang mana tidak hanya hard skill, namun soft skill pun memiliki peranan penting seseorang dalam memberikan pelayanan yang paripurna.
“Dalam memberikan pelayanan, karilah kita lakukan dengan memberiksan senyum, sapa, cara penyampaian yang benar, tersampaikan dengan jelas dan menyenangkan” pungkasnya
Materi III membahas mengenai “Strong Why”, yang disampaikan oleh Coach Gusmanto, apt. Dalam materi ini, lebih ditekankan menggali alasan, kekuatan, dorongan, motivasi apa yang membuat seseorang mau memberikan pelayanan yang terbaik kepada orang lain.
Materi IV mengenai “Profesional Hospitality” yang disampaikan oleh Coach Fajar Rubiyanti. Dan ternyata penampilan, sikap dan cara berkomunikasi kita menjadi hal yang sangat penting dalam kita berinteraksi dengan orang lain. First impressions always be important.
Materi V mengenai “3 S : Senyum Salam Salaman” yang disampaikan oleh Coach Bukhori. Refresh kembali mengenai senyum salam salaman. Meskipun masih dalam kondisi pandemi, wajib memakai masker dan menjaga physical distancing, tidak menghalangi seseorang untuk selalu melakukan 3S kepada siapapun. Siapa yang tidak senang jika diberi senyum ?
Diadakan skill station setelah semua materi diberikan. Dalam skill station ini, peserta dibagi menjadi 8 kelompok. Masing – masing kelompok akan diberikan kasus untuk di analisa apa masalahnya, bagaimana solusinya dan diminta untuk melakukan simulasi sesuai kasus yang didapatkan. Stase ini menjadi sangat atraktif karena seluruh audience berperan serta.
Kegiatan IHT Service Excellent gelombang 1 ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh coach Gusmanto. Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan baik dan lancar.
Dan ada sebuah petikan yang sangat bagus untuk kita renungi bersama :
Perhatikan apa yang menjadi pikiran kita, maka itu akan menjadi ucapan kita,
Perhatikan ucapan kita, maka itu akan menjadi tindakan kita,
Perhatikan tindakan kita,maka itu akan menjadi kebiasaan kita,
Perhatikan kebiasaan kita , maka itu akan menjadi karakter kita,
Dan apa yang menjadi karakter kita adalah takdir kita,
Kita wajib mengusahakan yang terbaik yang kita bisa, masalah keputusan akhir sepenuhnya kehendak Allah Subahnahuwwata’ala.
_Ayu.diklat_
GALERIA FOTO