Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2020
RSUD Ajibarang secara berkala melaksanakan survey kepuasan masyarakat, untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat (IKM) atas pelayanan kesehatan yang dilaksanakan. Pelaksanaan survey sesuai PERMENPAN RB no 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Disamping itu data IKM akan dapat menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Sehingga perlunya penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat.
Unsur-unsur yang disurvei melliputi Persyaratan; Sistem, mekanisme dan prosedur; Waktu penyelesaian; Biaya/tarif; Produk spesifikasi jenis pelayanan; Kompetensi pelaksana; Perilaku pelaksana; Penanganan pengaduan, sarana dan masukan; dan Sarana Prasarana.
Data hasil survey Januari sampai dengan September Tahun 2020, diperoleh hasil Nilai Rata-Rata (NRR) per unsur pelayanan terrendah yaitu pada unsur waktu penyelesaian (78,30) sedangkan tertinggi yaitu pada biaya/tarif (90,55) pada unsur yang lain berkisar antara (80 – 87).
Pada grafik diatas dapat diketahui bahwa rata rata indeks tiap bulan yaitu 82,61 yang berati bahwa mutu pelayanan kategori “B” dan Kinerja Unit Pelayanan Kategori “Baik”. Fluktuasi capaian secara tidak langsung amat dipengaruhi oleh Pandemi Covid-19. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa semenjak Maret 2020, indonesia menetapkan status Darurat Bencana berkaitan dengan Pandemi Covid 19. Hal ini mau tidak mau menyebabkan jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit menurun dengan drastis. Akibat menurunnya jumlah kunjungan makan sangat berpengaruh juga terhadap kepuasan masyakarat.
Rencana tindak lanjut yang disusun antara lain menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan Satgas Covid Nasional agar masyarakan sebagain konsumen rumah sakit merasa nyaman dan aman saat berkunjung. Memberikan berbagain informasi berkaitan dengan update informasi terbaru perkembangan kasus Covid 19 terutama di sekitaran Kabupaten Banyumas. Rumah sakit juga terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan tetap mengedepankan Visi dan Misi Rumah sakit agar masyarakat sebagai konsumen merasa puas berkunjung dan berobat di RSUD Ajibarang.
(IPKP RSUD Ajibarang)