Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang Periode Januari – Juni 2019

Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang Periode Januari – Juni 2019

Ajibarang,- Rumah Sakit Umum Daerah sebagai sebuah institusi pelayanan kesehatan dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan pelanggan dengan meningkatkan kualitas pelayanannya. Selain kelengkapan fasilitas, perilaku dan layanan sumber daya manusia merupakan elemen yang berpengaruh signifikan terhadap pelayanan yang dihasilkan dan dipersepsikan oleh pasien.

Dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan terhadap pelayanan yang bermutu, maka pelayanan prima menjadi hal yang utama dalam penyelenggaraan pelayanan di rumah sakit. Pelayanan prima akan tercapai jika seluruh SDM rumah sakit memiliki ketrampilan khusus, diantaranya memahami produk secara mendalam, berpenampilan menarik, bersikap ramah dan bersahabat, responsif (peka), menguasai pekerjaan, komunikasi yang efektif dan mampu menanggapi keluhan pasien secara profesional. Rumah sakit perlu secara cermat, tepat dan akurat menangkap dan menentukan semua kebutuhan, keinginan dan harapan pasien sebagai upaya untuk memenuhi keinginan dan meningkatkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan.

Untuk memenuhi komitmen rumah sakit dalam peningkatan mutu pelayanan maka RSUD Ajibarang melaksanakan survei kepuasan masyarakat periode Januari – Juni 2019 yang dilaksanakan di unit-unit pelayanan yang ada di RSUD Ajibarang. Survei dilaksanakan di Instalasi Fisioterapi, Instalasi Rawat Jalan, Farmasi, Laboratorium, Radiologi, Instalasi Rawat Inap, Perinatologi, Kamar Bersalin, Nuri dan ICU pada tanggal 2 Januari – 30 Juni 2019 dengan jumlah responden sebanyak 341 orang yang diambil secara acak. Jumlah Responden disesuaikan dengan perkiraan jumlah populasi (tingkat kunjungan pasien), merujuk pada table sampel Morgan dan Krejcie dengan mempertimbangkan cakupan pelayanan dimasing-masing unit.

Berikut ini hasil interpretasi masing-masing unit pelayanan terhadap standar Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM):

Nilai IKM masing-masing unit 

Berdasarkan hasil survei diperoleh nilai indeks SKM sebesar 82,87.  Menurut standar Permenpan nilai tersebut masuk dalam kategori baik (76,61 - 88,30). Sedangkan berdasar Rencana Kerja Tahunan (RKT) RSUD Ajibarang Tahun 2019, nilai ini masih di bawah target dimana target rata-rata IKM adalah > 85. Beberapa hal yang masih memerlukan perhatian meliputi Unsur Pelayanan, Sarana dan Prasarana, dan Penanganan Pengaduan.

Sebagai tindak lanjut, RSUD Ajibarang akan melaksanakan perbaikan dan peningkatan pelayanan Antara lain dengan : peningkatan sarana prasarana rumah sakit diantaranya mengoptimalkan pendaftaran online dengan memfasilitasi pojok konsultasi pendaftaran online, memperluas area parkir kendaraan roda dua bekerja sama (dikelola) dengan pihak desa ajibarang wetan, dan perencanaan pengembangan pelayanan yang dibutuhkan oleh pasien serta memaksimalkan sarana pengaduan yang ada baik pengaduan secara langsung maupun secara media sosial.

Demikian laporan hasil Survei Kepuasan Masyarakat periode Januari – Juni 2019. Semoga ke depan RSUD Ajibarang dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sekitar.

YN

Related Posts

Komentar