AUDIT MEDIS DI RSUD AJIBARANG SEBAGAI AMANAH MENUJU PELAYANAN YANG LEBIH BAIK

AUDIT MEDIS DI RSUD AJIBARANG SEBAGAI AMANAH MENUJU PELAYANAN YANG LEBIH BAIK

Peningkatan mutu pelayanan medik merupakan hal yang substansial dalam pengembangan pelayanan di sebuah rumah sakit pada umumnya, hal ini bisa berkaitan dengan keamanan pasien (safety patient) dan medical error. Masalah under pelayanan juga merupakan masalah yang tidak kalah pentingnya dalam menunjang mutu pelayanan di rumah sakit. Memperhatikan dengan diberlakukannya good clinical govermence maka rumah sakit diharapkan mampu melaksanakan audit medis secara berkala dan berkesinambungan.

RSUD Ajibarang mempunyai keinginan yang sama untuk selalu meningkatkan pelayanan dengan menjaga mutu kualitas SDM, sarana prasarana, perangkat panduan pelayanan (PPK, SPO) yang kesemuanya untuk menjaga keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan. Pada Rabu, tanggal 7 Nopember 2018, Direktur RSUD Ajibarang dr. Dani Esti Novia menugaskan Komite Medis bersama bidang pelayanan untuk meninjau sebuah kasus untuk didapatkan hal yang mengarah perbaikan pelayanan. Pertemuan ini dihadiri oleh direktur, jajaran dokter, kepala ruang dan unsur terkait.

Acara dimulai dengan sambutan direktur, dengan moderator dr. Widyana Grehastuti, SpOG, selaku Kepala Bidang Pelayanan dan pimpinan penilaian kasus (Audit medis) oleh ketua komite medis dr. Heri Sugiyanto, SpB, serta penilai permasalahan dan analisis dari subkomite mutu komite medis dr. Hesa Kusuma, SpOG.

Beberapa hal yang penting sebagai bahan masukan diantaranya mengenai peningkatan pemahaman terhadap SPO yang ada, angka kritis laboratorium yang memerlukan perhatian, perlunya kewaspadaan dini (Early Warning System) yang perlu ditingkatkan, serta pemenuhan alat pemeriksaan saturasi (oksimetri) dimasing-masing ruang sebagai standar wajib dalam pemeriksaan tanda vital pasien.

Direktur juga mengharapkan acara seperti ini bisa secara kontinyu untuk selalu dilaksankan untuk pelayanan rumah sakit yang prima.

Oleh : dr. Igun Winarno, SpAn

Recent Works

Pelatihan Sistem Manajemen Nyeri Rumah Sakit

Pengalaman tentang nyeri pastinya dialami oleh sebagian besar orang sepanjang hidupnya, baik itu nye

KEMERIAHAN CAPACITY BUILDING GELOMBANG KE-2 DI TENGAH KABUT MENDUNG DAN GERIMIS HUJAN

BATURRADEN - Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang kembali melaksanakan kegiatan Capacity Building (CB)

SOSIALISASI POKJA PAP DAN MDGs

Ajibarang - Apel pagi hari Kamis (09/08/2018) dipimpin langsung oleh Direktur RSUD Ajibarang dr.Dani

Komentar