Penyuluhan Kesehatan, Bentuk Partisipasi RSUD Ajibarang dalam Pencegahan Primer

Sabtu, 16 Pebruari 2019 | 5856 Kali
Penyuluhan Kesehatan, Bentuk Partisipasi RSUD Ajibarang dalam Pencegahan Primer

BANYUMAS - Pada hari Selasa (12/2) dan Rabu (13/2), RSUD Ajibarang mengadakan kegiatan penyuluhan bagi pasien prolanis, di Puskesmas Wangon dan Puskesmas Karanglewas. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya pasien hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, stroke, dan penyakit tidak menular lainnya. Tujuan agar masyarakat lebih mengerti bagaimana tanda dan gejala, pengobatan, komplikasi, serta pencegahan dari penyakit-penyakit tersebut.

Kegiatan penyuluhan ini diselenggarakan bersamaan dengan pertemuan rutin Prolanis di Puskesmas Wangon dan Puskesmas Karanglewas. Bertempat di aula puskesmas, kagiatan ini diawali dengan pretest dan diakhiri dengan postest untuk mengukur sejauh mana peningkatan pengetahuan peserta.

dr. Noegroho Harbani, M.Sc, Sp.S; selaku dokter Spesialis Saraf RSUD Ajibarang dan juga ketua IDI Cabang Banyumas memberikan materi pertama yang membahas tentang hipertensi, diabetes melitus dan komplikasinya seperti stroke, penyakit jantung, dan gagal ginjal. Disampaikan oleh dr Noegroho, Sp.S dalam penyuluhannya, "Pengobatan darah tinggi dan kencing manis itu seumur hidup. Salah satu komplikasi dari darah tinggi dan kencing manis adalah stroke, yang tidak bisa sembuh."

Tim Promosi Kesehatan RSUD Ajibarang juga ikut serta dalam berbagi ilmu bagi peserta kegiatan ini, antara lain mengenai pencegahan demam berdarah dan praktik senam postur. Pencegahan demam berdarah dengue dipilih, didasari akan tingginya jumlah pasien demam berdarah dengue di rumah sakit dalam beberapa minggu terakhir.

Tim Fisioterapi yang merupakan bagian dari Tim Promosi Kesehatan, dalam hal ini diwakili oleh Pak Adrian, memberikan simulasi postur tubuh yang baik bagi lansia untuk mengurangi nyeri. Pak Adrian mencontohkan langsung bagaimana postur-postur tubuh yg aman yang dapat dilakukan para peserta prolanis di rumah untuk mengurangi nyeri. Hal ini disesuaikan dengan usia para peserta yang rata-rata sudah diatas 50 tahun.

Peserta kegiatan sangat antusias dan berharap kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan, sehingga dapat menjadi sarana untuk melakukan pemberian pengetahuan sebagai wujud pencegahan primer yang dilakukan oleh RSUD Ajibarang. (MRD, CGE)

 

Galeri Foto Penyuluhan di Puskesmas Karanglewas

      

   

    

 

Galeri Foto Penyuluhan di Puskesmas Wangon

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Komentar