PERAN GASKEB DALAM MENJAGA WAJAH RUMAH SAKIT

PERAN GASKEB DALAM MENJAGA WAJAH RUMAH SAKIT

Ajibarang. Petugas Kebersihan di Rumah Sakit merupakan salah satu Sumber Daya Manusia yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Keberadaan Petugas Kebersihan mencerminkan wajah Rumah Sakit sekaligus sebagai salah satu bagian yang paling sering berinteraksi dengan karyawan, pasien dan keluarganya serta orang-orang yang berkunjung. Karena itulah, kualitas SDM petugas kebersihan harus selalu dijaga. Di samping itu juga hasil kinerja mereka akan langsung dinikmati oleh para dokter, perawat, bidan, dan juga tidak kalah penting oleh pasien dan pengunjung yang datang ke rumah sakit. “Kesan pertama sangat menggoda, selanjutnya anda akan enjoy aja” akan tercapai manakala seluruh SDM GasKeb memenuhi kaidah-kaidah yang menjadi standar di rumah sakit. Berangkat dari hal tersebut, RSUD Ajibarang mengadakan Pelatihan bagi Petugas Kebersihan pada tanggal 9-10 Agustus 2018.

dr Sri Setyati Yulia selaku Kepala Bidang Penunjang mewakili Direktur menyampaikan, hasil dari pelatihan ini dapat dilihat dari kualitas hasil pekerjaan, peningkatan mutu serta peningkatan kualitas SDM dari masing-masing petugas kebersihan.

Pelatihan yang dimotori oleh Instalasi Diklat dan PSDM serta Komite PPI ini bertujuan agar petugas kebersihan dapat memiliki kemampuan yang baik mengenai tata cara pengendalian lingkungan sebagai bagian dari program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi. Disisi lain, Petugas kebersihan diharapkan memiliki kedisiplinan, loyalitas dan komunikasi yang baik saat berinteraksi dengan pelanggan RS yang akan bermuara pada terciptanya Petugas kebersihan yang profesional dan amanah.

Hal ini bisa digarisbawahi bahwa petugas kebersihan bukan hanya mengelola kebersihan dan keindahan rumah sakit tetapi mereka juga sebagai pengelola terdepan yang berinteraksi dengan para pengunjung dan civitas internal rumah sakit. Oleh karena itu, petugas kebersihan pun harus mengerti tentang etika berkomunikasi yaitu melalui senyum, salam, salaman serta tidak kalah penting mengetahui tata letak rumah sakit sehingga bila ada pengunjung yang kebingungan bisa memberikan petunjuk arah yang lebih baik.

Kita berharap pelatihan ini benar-benar merubah mindset dari petugas kebersihan bahwa mereka adalah orang yang penting dan dibutuhkan di rumah sakit sehingga perlu bekerja disiplin dan profesional menuju visi dan misi rumah sakit. 

By FR

Recent Works

Komite Farmasi Terapi Garda Terdepan Seleksi Obat RSUD Ajibarang

Ajibarang - kebutuhan obat - obatan disebuah rumah sakit adalah keniscayaan, mengingat sebagian besa

SEMANGAT DAN CERIA DALAM KEBERSAMAAN DENGAN ARUNG JERAM

Setiap orang yang bekerja terus menerus akan merasakan kejenuhan, lelah, kebosanan dan lain-lain. Ot

SURVEY PELAYANAN PUBLIK OLEH BADAN PUSAT STATISTIK

Dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN) di tingkat pusat dan daerah,

Komentar