Visit Besar: Implementasi Long Life Learning

Visit Besar: Implementasi Long Life Learning

Ajibarang,- Ilmu kedokteran merupakan ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari sejak ribuan tahun lamanya. Sudah banyak sekali kemajuan yang dialami dunia medis, mulai dari munculnya penyakit-penyakit baru, ditemukannya alat-alat medis yang lebih canggih sampai perkembangan tatalaksana suatu penyakit. Perkembangan ilmu pengetahuan ini tentunya membawa tantangan tersendiri bagi setiap tenaga medis yang terjun di dalamnya. Visit besar diselenggarakan dengan latar belakang kebutuhan seorang dokter sebagai long life learner dalam menghadapi perkembangan ilmu kedokteran. Selain visit besar ini, kegiatan pembelajaran juga dilaksanakan dengan kegiatan presentasi kasus di pertemuan komite medis.

  Visit besar sudah menjadi kegiatan rutin komite medis RSUD Ajibarang. Visit besar terdiri dari kegiatan presentasi kasus singkat di samping pasien, diikuti dengan tanya jawab. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota komite medis dan SMF (Staff Medis Fungsional), dokter-dokter internship, perawat, dan komite lain terkait. Dengan kegiatan pembelajaran di samping pasien langsung dan diikuti oleh berbagai komite rumah sakit, diharapkan pemahaman terhadap perjalanan penyakit, diagnosis sampai tatalaksana suatu kasus menjadi lebih mudah dipahami dan komprehensif, serta koordinasi antarkomite dalam penatalaksanaan suatu kasus menjadi lebih baik lagi.

Visit besar dilaksanakan tiap minggu kedua setiap bulannya. Kali ini, visit besar dilaksanakan di bangsal kandungan yaitu bangsal Nuri. Kesempatan visit besar kali ini dipimpin oleh dr. Hesa Kusuma, SpOG dan didampingi oleh dr. Savitri Rahayu, SpOG. Presentasi kasus dalam visit besar dilakukan oleh dokter internship yang bertugas di bangsal. Persiapan visit besar dilaksanakan sejak satu hari sebelumnya. Dokter internship yang bertugas menghubungi dokter spesialis terkait untuk mendapatkan daftar kasus yang akan dipresentasikan keesokan harinya. Berapa kasus obstetric yang dilaporkan diantaranya mengenai placenta previa dan preeklamsia. Menurut dr. Fitria, salah seorang dokter internship bangsal, kegiatan visit besar ini sangat bermanfaat karena menambah pemahamannya terhadap suatu penyakit dan memperbarui pengetahuannya mengenai bagaimana tatalaksana terbaru penyakit tersebut.

 (By MRD)

Recent Works

SiTarOl dan Pokoke Jaim RSUD Ajibarang di Pameran Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas

Pelayanan publik berkaitan dengan suatu instansi tertentu untuk memberikan bantuan dan kemudahan kep

Ibu Sehat Anak Sehat, Indonesia Unggul

Ajibarang - TIM Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Ajibarang kembali ikut berpartisipasi dala

DOKTER INTERNSIP KEMBALI HADIR DI RSUD AJIBARANG

Ajibarang,- RSUD Ajibarang sebagai unit pemberi pelayanan kesehatan ikut berperan dalam Program Inte

Komentar