SOSIALISASI POKJA HPK DI APEL PAGI

SOSIALISASI POKJA HPK DI APEL PAGI

Menjelang survey evaluasi akreditasi kedua yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2019. RSUD Ajibarang kembali mempersiapan kegiatan-kegiatan  yang berkaitan dengan standar  akreditasi rumah sakit, dan untuk merefresh kembali masing-masing Pokja melakukan sosialisasi dalam apel pagi.

Pada apel pagi hari Jumat tanggal 2 Agustus 2019 dilakukan sosialisasi oleh Pokja Hak Pasien dan Keluarga (HPK). Sosialisasi disampaikan oleh Junianto, S.Kep.Ns. diantaranya terkait dengan 1)perlindungan kerahasiaan  informasi pasien  bahwa semua hal yang terkait dengan pasien wajib dirahasiakan dan hanya pihak-pihak tertentu yang boleh mengetahuinya. 2)Perlindungan privasi pasien yaitu selama melakukan kegiatan terhadap pasien wajib dijaga privacy pasien. 3) Persetujuan tindakan medik/informed concent bahwa setiap tindakan yang mengandung risiko, pasien harus diberikan informasi  dan menandatangani formulir informed concent. 4) Permintaan second opinion yaitu pasien diberikan hak untuk memilih pilihan kedua dari dokter lain yang tidak merawat dengan kompetensi yang sama baik didalam maupun diluar rumah sakit, dengan mengisi form permintaan second opinion.5) Pemberian informasi hak dan kewajiban pasien 6) Identifikasi nilai pribadi dan kepercayaan pasien, dimana  pasien harus dilakukan assesment untuk mengidentifikasi nilai-nilai kepercayaan pasien 7) Penolakan resusitasi jantung paru (do-not-resuscitation), jika permintaan penolakan resusitasi jantung paru/do not resuscitation (DNR) dari pasien/keluarga baik dengan alasan medis  maupun non medis maka harus diterima, pasien/keluarga juga harus menandatangani formulir yang disediakan 7) Pasien menolak/tidak melanjutkan pengobatan, apabila dokter sudah memberikan informasi tentang kondisi pasien, program perawatan dan pengobatan, komplikasi, resiko dan akibat  jika tidak dilakukan rawat inap/tindakan medis tetapi pasien/keluarga memutuskan untuk tidak melanjutkan pengobatan, maka pasien/keluarga menandatangani formulir surat pernyataan menolak/ tidak melanjutkan pengobatan.

Dengan adanya refresh di apel pagi, diharapkan semua karyawan di RSUD Ajibarang akan mengingatkan kembali terkait dengan standar-standar yang harus dilakukan walaupun semua kegiatan sebenarnya sudah dilakukan setiap harinya di dalam memberikan pelayanan kepada pasien.(@rvanta).

 

Related Posts

Komentar