PELAYANAN KESEHATAN JIWA DI RSUD AJIBARANG

Sabtu, 15 Desember 2018 | 2587 Kali
PELAYANAN KESEHATAN JIWA DI RSUD AJIBARANG

Saat ini lebih dari 450 juta penduduk dunia hidup dengan gangguan jiwa. Di Indonesia, berdasarkan Data Riskesdas tahun 2007, menunjukkan prevalensi gangguan mental emosional seperti gangguan kecemasan dan depresi sebesar 11,6% dari populasi orang dewasa. Berarti dengan jumlah populasi orang dewasa Indonesia lebih kurang 150.000.000 ada 1.740.000 orang saat ini mengalami gangguan mental emosional.

Mengingat besarnya masalah tersebut, setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Kampanye Kesadaran Global (Global Awareness Campaign) yang bertujuan untuk melanjutkan harapan menjadikan kesehatan jiwa sebagai prioritas global (make mental health health issues a global priority) telah dilaksanakan. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi diskriminasi dan pelanggaran hak asasi manusia dengan masalah kejiwaan (ODMK). Kesehatan jiwa adalah bagian integral dari aspek kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.(web.depkes.go.id)

Masalah kesehatan jiwa sangat penting karena mempengaruhi produktifitas dan kualitas kesehatan perorangan maupun masyarakat yang tidak mungkin ditanggulangi oleh satu sektor saja, tetapi perlu kerja sama multi sektor.

Bagaimana pelayanan kesehatan jiwa di RSUD Ajibarang ? Menurut direktur dr. Dani bahwa pelayanan maslah kejiwaan itu sangat penting dan RSUD Ajibarang harus mempunyai peran yang aktif dalam mengelola permasalahan ini, direktur juga mengatakan bahwa bersyukur RSUD Ajibarang sekarang sudah membuka pelayanan kesehatan jiwa dengan hadirnya dr. Okto Prihermes, SpKJ.

Dokter Okto ini merupakan alumni dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, kebetulan istri juga mempunyai keahlian dibidang yang sama sebagai dokter spesialis kesehatan jiwa. Menurut beliau di RSUD Ajibarang bisa dilaksanakan poliklinik jiwa yang melayani tentang pelayanan kesehatan jiwa, psikoterapi, tes kesehatan jiwa dan juga tes narkoba, beliau juga mengatakan untuk kasus kesehatan jiwa yang tenang bisa dilakukan rawat inap di RSUD Ajibarang.

Marilah kenali tanda-tanda kita mengalami permasalahan kesehatan jiwa, misalnya gangguan mengatasi emosi, depresi, sulit tidur berkepanjangan, gangguan perawatan diri, ketergantungan obat dan lainnya jangan ragu untuk datang ke Poloklinik Jiwa RSUD Ajibarang, dr. Okto, SpKJ siap menemani dan menjadi parner dalam mengatasi permasalahan kejiwaan anda.

By goens”GN”

 

Related Posts

Font
Selasa, 18 September 2018

Komentar