USG 4D MEMBANTU DOKTER MENDAPATKAN INFORMASI DAN DATA AKURAT DI POLIKLINIK KANDUNGAN DAN KEBIDANAN RSUD AJIBARANG

USG 4D MEMBANTU DOKTER MENDAPATKAN INFORMASI DAN DATA AKURAT DI POLIKLINIK KANDUNGAN DAN KEBIDANAN RSUD AJIBARANG

POLIKLINIK-RSUD AJIBARANG,- Pemeriksaan dengan menggunakan ultrasonografi (USG) terus berkembang dari yang mulai 2 dimensi, tiga dimensi dan sekarang sudah dalam taraf 4 dimensi  (USG 4D). Apa sih sebenarnya USG ? Sebuah alat yang teknik pencitraan non invasive dengan gelombang suara frekuensi tinggi, dan USG mempunyai alat yang disebut transducer yang berfungsi untuk mengirimkan dan menerima kembali gelombang suara yang bervariasi dari berbagai jaringan di dalam tubuh.

USG khususnya 4 dimensi untuk pemeriksaan semakin luas penggunaanya, bisa untuk melihat isi didalam perut (hati, empedu, ginjal dll), system vaskuler (aneurisma, DVT, dll), tumor, alat bantu diagnosis tindakan dan lainnya. Bagi kalangan ibu hamil penggunaan USG ini juga akan banyak manfaatnya, diantaranya bisa membantu melihat bentuk janin lebih jelas, membantu melihat organ janin apakah ada kelainan kongenital / bawaan atau tidak, mengetahui aktifitas janin, mengetahui struktur tulang janin, mengetahui letak placenta janin, membanatu dokter mengetahui kondisi kelainan, dan paling banyak dimanfaatkan bagi orang tua biasanya adalah untuk mengetahui jenis kelamin janin, tetapi ini bukan yang utama dalam pemeriksaan USG.

USG 4D dari beberapa media dikatakan merupakan alat yang aman dan tidak memberikan efek yang fatal kepada janin, cuman kadang memberikan efek rasa panas saat tranducer digerak-gerakkan.

Persiapan apa yang perlu dilakukan sebelum USG ? Langkah pertama kita harus konsultasi dengan dokter apakah memang USG ini diperlukan saat ini atau tidak, ikuti saran dokter kapan waktu yang tepat untuk USG, kemudian minum banyak air, ada yag mengatakan 8 gelas sejak pagi setelah merencanakan pemeriksaan, tahan kecing sampai pelaksanaan USG selesai, jangan lupa tanyakan tentang posisi janin, kondisi, kelainan yang mungkin ada, jangan fokus hanya ingin mengetahui jenis kelamin janin.

dr. Hesa Kusuma, SpOG selaku dokter di RSUD Ajibarang juga mengatakan bagwa USG 4D ini merupakan pemeriksaan USG tercanggih saat ini, sehingga sangat membantu dalam memeriksa ibu hamil mengenai kondisi janin, posisi secara detail, organ uterus atau rahim lebih detail dan dapat divideokan secara langsung, tidak seperti USG 2D maupun 3D sehingga pasien merasakan kepuasan. Sedangkan bagi dokter sendiri dengan USG 4D ini akan menambah keakuratan dalam memeriksa kondisi kehamilan sehingga akan memudahkan menentukan dan rencana tindak lanjut kedepannya, disamping itu USG 4 D bisa mempercepat pemeriksaan, tetapi bila area pemeriksaan terdapat luka kadang mengganggu dalam proses pemeriksaan. Beliau juga berharap dengan RSUD Ajibarang mempunyai USG 4D bisa menjadi rumah sakit tujuan dari para ibu hamil di wilayah sekitar untuk memeriksakan kandungannya.

 

Recent Works

SEMANGAT DAN CERIA DALAM KEBERSAMAAN DENGAN ARUNG JERAM

Setiap orang yang bekerja terus menerus akan merasakan kejenuhan, lelah, kebosanan dan lain-lain. Ot

PERSIAPAN KEGIATAN CAPACITY BUILDING

Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang merupakan rumah sakit tipe C milik Pemerintah Kabupaten Banyumas.

TIM IT RSUD Ajibarang adakan Sosialisasi dan Uji Coba SIMRS Versi 2

Ajibarang - Bertempat di ruang rapat lantai 2 RSUD Ajibarang, selama 2 hari Rabu dan Kamis 30 dan 31

Komentar