SATU PAKET ALAT GANTI BALUT STERIL, SATU PASIEN

Minggu, 29 Juli 2018 | 12477 Kali
SATU PAKET ALAT GANTI BALUT STERIL, SATU PASIEN

 AJIBARANG – Ruang Kepodang Bawah RSUD Ajibarang Kabupaten Banyumas dari waktu ke waktu semakin meningkatkan dan melengkapi pelayanannya. Ruang kepodang bawah yang merupakan bagian dari ruang rawat bagian bedah turut memenuhi sarana prasarana yang menunjang dalam pelayanan bedah. Salah satunya adalah peralatan ganti balut  dan APD yang memadai sesuai standar PPI.


Ruang kepodang bawah yang dimotori oleh kepala Ruang Gunawan, S.Kep.,Ns dan dengan Kepala Instalasinya dr. Nani Widorini, Sp.PD. saat ini merawat pasien-pasien dengan kasus bedah, ginekologi, dan THT baik pasien operasi  maupun pasien yang tidak dioperasi. Selain itu juga merawat pasien yang menderita Ulkus DM. Untuk kapasitas Tempat Tidur memiliki 18 tempat tidur dengan 2 ruang isolasi. Untuk ruang isolasi digunakan untuk pasien bedah yang ada infeksi airbone atau pasien dengan ulkus DM yang baunya menyengat.

 Dalam menunjang pelayanan bedah, setiap pasien yang akan diganti balut lukanya, kami menerapkan Satu Paket Alat Ganti Balut Steril, Satu Pasien. Yaitu alat set ganti balutnya yang digunakan sesuai dengan kaidah PPI. Alat yang dipakai bekerja sama dengan instalasi CSSD dalam melakukan pembersihan, dekontaminasi dan penyeterilan alat yang sudah dibungkus dengan pouces. Perawat yang melakukan ganti balut juga memakai APD ( alat pelindung diri) yang terdiri dari masker, handscoon, gaun/ aproon yang setiap pasien ganti dengan yang baru. Tujuannya penggunaan APD untuk melindungi petugas dan mencegah transmisi infeksi dari satu pasien ke pasien yang lain.

Ucapan terima kasih kepada direktur dan manajemen, yang selalu melengkapi peralatan yang mendukung pelayanan rawat inap bedah. Semoga bisa mendukung dan menunjang pelayanan rumah sakit dengan lebih baik dan dapat mempertahan kan Akreditasi RSUD Ajibarang tetap “PARIPURNA”.

oleh :Gunawan, S.Kep.,Ns

 

 

Related Posts

Komentar