Orientasi Pegawai Baru Non Pegawai Negeri Sipil : Banyumas Better, RSUD Ajibarang Hebat

Orientasi Pegawai Baru Non Pegawai Negeri Sipil : Banyumas Better, RSUD Ajibarang Hebat

Ajibarang- Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, RSUD Ajibarang baru saja mengadakan rekruitmen pegawai baru. Proses rekruitmen ini dimulai sejak bulan Desember 2019. Total terdapat 526 pelamar yang masuk, selanjutnya dilakukan seleksi ketat yang terdiri atas tes seleksi administrasi, tes kemampuan akademik, tes keterampilan dan wawancara. Telah  didapatkan 36 pegawai baru yang telah terpilih sebagai bagian dari RSUD Ajibarang. Pegawai baru tersebut terdiri atas formasi sebagai berikut:

  • 2 Dokter umum
  • 4 Perawat
  • 2 Bidan
  • 2 Akuntan
  • 4 Perekam medis
  • 1 Radiografer
  • 1 Radioimaging
  • 4 Analis Kesehatan
  • 1 Elektromedis
  • 2 Programmer
  • 1 Nutrisionis
  • 5 Tenaga Teknis Kefarmasian
  • 3 Security
  • 4 Petugas Kebersihan

Sebelum mengabdi kepada masyarakat, para pegawai baru menjalani rangkaian orientasi yang berjalan selama tujuh hari, dimulai sejak hari Selasa, 28 Januari 2020 hingga Senin, 3 Februari 2020. Hari pertama kegiatan Orientasi, diawali dengan pembukaan kegiatan oleh Direktur RSUD Ajibarang dr. Widyana Grehastuti, Sp.OG.,M.Si.Med., selanjutnya kegiatan di hari pertama ini adalah pengisian materi dari Kepala Instalasi Diklat & PSDM, yang disampaikan oleh dr.Igun Winarno, Sp.An., dan beberapa narasumber dari jajaran Manjerial RSUD Ajibarang. Di hari kedua, peserta orientasi diajak mengupas berbagai hal yang berkaitan dengan materi - materi keakreditasian, mulai dari Program Mutu dan Keselamatan Pasien, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi sampai , pengisian Rekam Medis, dan diakhiri materi dari Tim Zero RSUD Ajibarang.

Kegiatan yang dikawal oleh Fajar Rubiyanti, S.Kep.,Ns. ini mengagendakan rangkaian kegiatan orientasi yang lain dari biasanya. Setelah dua hari para peserta harus fokus dan serius belajar di kelas, di hari ketiga, peserta diajak bermain dan belajar bersama bersama dengan kegiatan outbond.

 Ditemani oleh Team Zero dari RSUD Ajibarang, kegiatan berlangsung meriah dan menyenangkan. Disini, pegawai baru bermain permainan - permainan yang membuat mereka saling mengenal satu sama lain,  melatih kerjasama kelompok seperti bermain paralon air, Traffict jam 1, semua peserta basah kuyup dan gembira. Setelah heboh bermain air, kegiatan hari ketiga ini  ditutup dengan sesi sharing yang dipenuhi isak tangis.

Memasuki hari keempat, pegawai baru diajak berkeliling Hospital Tour di lingkungan RSUD Ajibarang. Selanjutnya pada tiga hari berikutnya, para pegawai baru dilatih untuk menganalisis dan mencoba memecahkan masalah. Mereka dibagi menjadi 6 kelompok dan ditempatkan di berbagai bagian seperti: Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Ruang Rawat Isolasi Airborne, Bagian Gizi, Instalasi Gawat Darurat, CSSD  & IBS, serta Instalasi Rawat Jalan. Para pegawai baru diminta melakukan survei dan memberikan masukan untuk membuat layanan lebih baik.

Tibalah di hari ketujuh, hari ketujuh ini merupakan hari terakhir orientasi, para pegawai baru mempresentasikan hasil analisa dan solusi pemecahan masalah yang telah mereka observasi selama 3 hari sebelumnya. Presentasi dihadiri oleh direktur RSUD Ajibarang serta jajaran direksi masing-masing bagian. Diskusi berlangsung hangat dan aktif selagi para pegawai baru mengajukan perubahan-perubahan yang dapat membuat RSUD Ajibarang menjadi lebih baik.

Demikian liputan kami tentang kegiatan orientasi pegawai baru di RSUD Ajibarang, sampai jumpa lagi di liputan kami selanjutnya.

dr Renaldo Faisal Huda

 

GALERI FOTO

 

Related Posts

Komentar