Tim BHD : Refresh Bantuan Hidup Dasar di Ruangan

Tim BHD : Refresh Bantuan Hidup Dasar di Ruangan

Ajibarang, -Dalam rangka persiapan Survei Akreditasi pada bulan Agustus ini RSUD Ajibarang mengadakan Refreshing Bantuan Hidup Dasar. Dalam pelatihan tersebut dijelaskan pentingnya Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk diketahi oleh seluruh karyawan baik tenaga medis maupun non medis yang bekrja di RSUD Ajibarang. Tidak hanya pengetahuan yang harus dimiliki, namun setiap karyawan harus mampu dan mau melaksanakan BHD apabila terjadi kegawatan henti jantung baik dilingkup RS maupun diluar RS.

Pelaksanaan refresh BHD dilaksanakan di tiap unit pelayanan dengan harapan akan lebih mudah diterima dan setiap staff di unit tersebut bisa ikut berpartisipasi dan mempraktekkan satu persatu bagaimana teknik dan prosedur Bantuan Hidup Dasar yang terstandar. Pelaksanaan refresh BHD RSUD Ajibarang diampu oleh Tim BHD Internal RSUD Ajibarang bekerja sama dengan Instalasi Diklat sebagai pengelola program pelatihan di RSUD Ajibarang. Selanjutnya diklat menugaska kepada team BHD untuk melaksanakan Refresh tersebut. Dibawah arahan dr.Igun Winarno Sp.An selaku Ka.Diklat refreshing Bantuan Hidup Dasar dapat berjalan dengan baik.

Tim BHD RSUD Ajibarang terdiri dari beberapa personil dengan berbagai latar belakang profesi yaitu dr Maela, Muklas Adiyanto AMK, Khalifah Mahardika S.Kep. Ns, Junianto,S.Kep. Ns, Gunawan S, S.kep, Ns secara bergantian memberikan pelatihan secaran berkala di tiap-tiap unit.

Pada hari kamis, 15 Agustus 2019 Ruang Nuri sebagai salah satu ruang rawat inap yang menanganai kasus-kasus maternal dan neonatal telah mengadakan refresh BHD sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan kompetensi standar. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh bidan dan perawat namun juga diikuti oleh petugas administrasi ruangan dan petugas kebersihan ruangan tersebut. Kemampuan yang harus dimiliki tidak hanya sekedar langkah-langkah BHD namun juga agar bagaimana setiap staf mampu melaksanakanan High Quality CPR yaitu Kecepatan kompressi 100-120 kali/ menit, kedalaman 5-6 cm, biarkan recoil sempurna, minimalkan interupsi dan hindari ventilasi berlebihan. Dengan kemampuan High Quality CPR yang baik maka potensi keberhasilan CPR semakin tinggi.

FOTO BHD NURI

Sejalan dengan itu, pada tanggal 16 Agustus, kamar bersalin RSUD ajibarang j ga melaksanakan refesh BHD sebagai persiapan survey verifikasi akreditasi. Kegiatan inipun tidak hanya diikuti oleh bidan, namun juga diikuti oleh dr. Hesa Kusuma Sp. OG sebagai kepala Instalasi Kamar Bersalin. Sebagian besar staff kamar bersalin adalah bidan maka team BHD lebih mengkhususkan kasus kegawatan pada kebidanan. 

FOTO BHD VK

Kemampuan melaksanakan BHD perlu dilakukan refreshing secara berkala sehingga diharapakan seluruh kayawan RSUD ajibarang tidak hanya dilakukan dalam rangka kunjungan Survey Akreditasi saja. Tetapi adalah sebagai kompetensi  dasar yg harus dimililki oleh masing-masing karyawan RS untuk lebih memberikan perhatian terhadan ketrampilan dalam penanganan kegawat daruratan. (Muklas-GN)

Galeria Foto :

Recent Works

RSUD AJIBARANG BEPERAN MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI MELALUI PONEK

Angka kematian ibu dan bayi masih tinggi di Indonesia, demikian juga yang terjadi di Kabupaten Banyu

RSUD AJIBARANG REFLEKSI 2018 OPTIMIS MENYONGSONG 2019

Waktu adalah takdir yang akan berjalan beriringan dengan usaha dan ketetapan dari Tuhan Yang Maha Es

PELAYANAN RSUD AJIBARANG MASA LIBURAN DAN CUTI BERSAMA IDUL FITRI 1439 H

Pada libur dan cuti bersama menjelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018 ini, RSUD A

Komentar