SOSIALISASI POKJA PMKP (PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN) SAAT APEL PAGI

Selasa, 13 Agustus 2019 | 2903 Kali
SOSIALISASI POKJA PMKP (PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN) SAAT APEL PAGI

AJIBARANG – Pada Hari Sabtu, tanggal 10 Agustus 2019, Apel pagi di pimpin oleh Ibu Sulindri Handayani SH.,M.Si. selaku Kabag Administrasi dan Keuangan RSUD Ajibarang. Beliau menyampaikan amanat apel mengenai persiapan RSUD Ajibarang dalam mengadapi survai verifikasi yang ke-2 akreditasi KARS versi 2012. Selain itu juga kesiapan RS dalam penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi mulai bulan Agustus-September 2019.

“Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke 74 diharapkan untuk OPD dipersiapkan dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stansa. Ada edaran dari Bupati Banyumas mengenai Dukungan Kawasan Wisata Baturraden Kabupaten Banyumas Sebagai Kawasan Wisata Dataran Tinggi Terpopuler 2019, dengan cara melelui SMS ketik API 10H kirim ke 99386, atau buka channel#APIaward2019 subscribe pilih VIDEO & LIKE (love), periode pemungutan suara (voting) : 1 juni s.d 31 oktober 2019tutur bu Indri.

Sosialisasi pada hari ini diisi oleh Pokja PMKP (PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN)  yang disampaikan oleh  Ahmad Muhajirin, S.Kep.,Ns. selaku anggota Pokja PMKP. Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan menjamin keselamatan pasien,  Rumah sakit harus mempunyai Komite PMKP, Rumah Sakit juga harus mempunyai tehnologi informasi (aplikasi sismadak/ data mutu link ke simrs rumah sakit) dan Rumah Sakit juga mempunyai program (PMKP) yang menjangkau keseluruh unit kerja di rumah sakit.

Kegiatan pokok PMKP di Rumah Sakit adalah melaksanakan program pelatihan mutu dan keselamatan pasien yaitu Menetapkan prioritas kegiatan yang di evaluasi, Penetapan area prioritas rawat inap dan indikator mutu kunci, Melakukan pengukuran mutu melalui penetapan Indikator Mutu, Menerapkan Panduan Praktik Klinis – Clinical pathway di area prioritas,  Melakukan penilaian kinerja staf klinis dan staf RS, melaksanakan validasi data oleh tim mutu, Melakukan analisa data dengan metode PDSA  (PLAN-DO-STUDY-ACTION), Mengumpulkan dan menganalisis Indikator Keselamatan Pasien, Melakukan monev, melaksanakan manajemen resiko, Melakukan FMEA (failure mode and effect analysis), dan Melakukan RCA (Route Course Analisis) terhadap kasus-kasus KTD, KNC, sentinel.

“Indikator Mutu ada 5: IAK: Indikator Area Klinis, IAM: Indikator Area Manajemen, ISKP: Indiaktor Sasaran keselamatan Pasien, IIL: Indikator international Library, Indikator Mutu unit prioritas & SPM” jelas muhajir

Diakhir sosialisasinya, ia berpesan semoga yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua dan kita dapat memberikan pelayanan yang berprinsip pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien dengan paripurna. (mhj/gude)

Related Posts

Komentar