PENARIKAN PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DAN D III KEPERAWATAN FIKKES UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO DI RSUD AJIBARANG

Minggu, 26 Mei 2019 | 3239 Kali
PENARIKAN PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DAN D III KEPERAWATAN  FIKKES UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO DI RSUD AJIBARANG

AJIBARANG – Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang merupakan salah satu Rumah Sakit Milik Pemerintah Kabupaten Banyumas yang melayani masyarakat wilayah Banyumas Bagian Barat. Selain memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat, RSUD Ajibarang juga sebagai salah satu tempat Lahan praktik Mahasiswa. Institusi Kesehatan yang Bekerja sama dengan RSUD Ajibarang Salah satunya yaitu Prodi Sarjana S1 Keperawatan dan Diploma III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Mahasiswa S1 keperawatan melaksanakan praktik Keperawatan selama 1 bulan yaitu mulai tanggal 15 April 2019 sampai 11 Mei 2019. Mahasiswa S1 keperawatan melaksanakan praktik klinik di RSUD Ajibarang terdiri dari Stase Kperawatan Dasar 1 dan Keperawatan Dasar 2 dengan Pembimbing klinis dari RS yaitu Nunung Supriyatin, S.Kep.,Ns., Ahmad Muhajirin, S.Kep.,Ns., Gunawan, S.Kep.,Ns.,  dan Enti Priyatin, S.Kep.,Ns.,.

Sedangkan Mahasiswa Diploma III Keperawatan melaksanakan praktik keperawatan selama 1,5 bulan yang terdiri dari praktik keperawatan medical bedah dan keperawatan kritis. Untuk praktik medical bedah dilakukan di ruangan perawatan rawat inap dan untuk praktik keperawatan kritis dilakukan di ruang ICU. Pembimbing dari Diploma III keperawatan dari RS yaitu Yuniar Dwi Martanti, S.Kep.,Ns,  Primanita Ulfah, AMK, Siswadi, S.Kep.,Ns.

Setelah mahasiswa menyelesaikan praktik Kliniknya, maka dilakukan Acara Penarikan kembali Mahasiswa Praktek Klinik Keperawatan Fikes Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang telah melaksanakan praktek di RSUD Ajibarang yang diselenggarakan di Ruang Diklat dan PPSDM pada hari sabtu 11 Mei 2019, yang dipandu oleh Ibu Ayu Wandani, S.Kep. Acara penarikan ini dihadiri oleh Koordinator  Pendidikan diklat dan PPSDM ibu Dewi Widyasmara, S.Kep., dan Bu Esti Siwi Wibowo Mukti, SH selaku Kasie Penunjang Non Medis yang mewakili Direktur RSUD Ajibarang. Dapi pihak Akademis dihadiri Bapak Endiono, S.Kep.,Ns. M.Kep., Asiandi, S.Kep.,Ns.,M.Kep., Meida, S.Kep.,Ns, MNS.

sambutan bu esti siwi

"Saya menyerahkan kembali mahasiswa keperawatan S1 dan mahasiswa Diploma III keperawatan yang sudah menyelesaikan Praktik Klinik keperawatan selama 1,5 bulan. Semoga bisa mengaplikasikan teori ilmu yang sudah diajarkan dikampus di lahan praktik Rumah Sakit ini, serta dapat mengambil pelajaran  yang baik saat ber Praktik di RSUD Ajibarang", tutur Bu Esti Siwi Wibowo Mukti.

Bapak Endiyono, S.Kep.,Ns.,M.Kep., selaku Dosen koordinator Praktik DIII Keperawatan yang mewakili Dekan FIKKES Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengucapakan terima kasih kepada RSUD Ajibarang yang sudah menerima mahasiswa kami untuk melakukan praktik klinik Keperawatan selam 1,5 bulan ini. Semoga Mahasiswa banyak mengambil ilmu dan pengalaman yang sebanyak-banyaknya selama praktik dan bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari kampus kepada klien yang dirawat di RS. Diakhir sambutannya, beliau berpesan semoga kerja sama ini dapat berlangsung terus-menerus untuk program praktik klinik keperawatan berikutnya. Selain itu Bapak Asiandi, S.Kep.,Ns.,M.Kep. selaku dosen koordinator mahasiswa S1 keperawatan juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besanya kepada pihak RSUD Ajibarang yang sudah menerima makasiswa UMP untuk ber Praktik Klinik dengan baik. Dan kepada mahasiswa S1 berpesan semoga dapat mengambil ilmu dan mengaplikasikan antara teori dan praktik yang sudah di dapat di bangk kuliah.

saran mahasiswwa

Acara penarikan mahasiswa kemudian diakhiri dengan kritik dan saran dari Pembimbing Klinik RSUD Ajibarang dan perwakilan dari mahasiswa S1 keperawatan dan DIII keperawatan. Kesan mahasiswa merasa senang bisa berpraktik di RSUD Ajibarang dan trimakasih sudah diberi kesempatan belajar dan menimba ilmu mengaplikasikan antara teori dan praktik. (gude)

 

 

 

Related Posts

Komentar