TIM IPCN MELAKUKAN EDUKASI LIMBAH, ETIKA BATUK DAN HAND HYEGIEN

Selasa, 02 April 2019 | 3657 Kali
TIM IPCN MELAKUKAN EDUKASI LIMBAH, ETIKA BATUK DAN HAND HYEGIEN

AJIBARANG – Pada kesempatan Apel pagi hari jumat tanggal 29 maret 2019, Tim IPCN RSUD Ajibarang yang terdiri dari Fajar Rubiyanti, S.Kep.,Ns dan Soni Handoyo, AMK kembali melakukan sosialisasi berkesempatan untuk menyampaikan edukasi tentang Kewaspadaan Standar diantaranya pengelolaan limbah, Etika Batuk dan Kebersihan tangan.

Fajar mengatakan bahwa di RSUD Ajibarang,  limbah non infeksius di masukkan kedalam tempat sampah dengan kresek hitam dan limbah infeksius dengan tempat sampah yang diberi kresek warna kuning. Untuk produk sampah tajam yang memiliki resiko pajanan terhadap petugas di dimasukkan kedalam savety box. Bahwa pada pemilahan sampah tidak hanya petugas kebersihan yang berperan tetapi juga dibutuhkan kepedulian kita semua.

Hand Hyegien menjadi edukasi rutin yang disampaikan tim IPCN RSUD Ajibarang,  sehingga setiap kali ada kesempatan kami selalu meminta beberapa teman untuk mempraktekkan 6 langkah Hand Hyegien dan Five Moment. Untuk mendukung program ini,  RSUD Ajibarang sudah menyiapkan fasilitas seperti Handrubs dan wastafel serta tisu sebagai pendukung kegiatan Hand Hyegien.

Dikesempatan ini juga, mas SONI memaparkan Untuk mencegah penularan penyakit melalui transimi airbon atau droplet bisa menerapkan prinsip etika batuk yang sesuai dengan PPI diantaranya dengan,

1.       Tutup Hidung dan mulut anda dengan menggunakan tisu saat batuk atau bersin.

2.       Gunakan lengan dalam untuk menutup saat batuk

3.       Gunakan masker

4.       Segera Buang sampah dan lakukan cuci tangan

Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan secara rutin kami berharap akan meningkatkan pengetahuan seluruh petugas sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Ajibarang.(Sn)

Related Posts

Font
Senin, 05 November 2018

Komentar