Keseruan Capacity Building Gelombang 1 “Sepi Ing Pamrih, Rame Ing Gawe”

Keseruan Capacity Building Gelombang 1 “Sepi Ing Pamrih, Rame Ing Gawe”

Baturaden.- Sebagai bentuk penghargaan dan rasa cinta kepada para karyawannya, tahun ini RSUD Ajibarang kembali melaksanakan kegiatan Capacity Building (CB). Kegiatan yang dimotori oleh dr Igun Winarno, SpAn dari Instalasi Diklat dan PSDM dan Suyatno, AMK sebagai ketua panitia ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bila sebelumnya kegiatan diserahkan kepada pihak ketiga sebagai penyelenggara, tahun ini Instalasi Diklat dan PSDM diberikan kepercayaan penuh untuk menjadi Event Organizer sekaligus narasumber dalam acara ini. Capacity Building yang mengangkat tema “Sepi Ing Pamrih, Rame Ing Gawe” ini direncanakan terbagi menjadi enam gelombang dan dilaksanakan di White House Kebun Raya Baturaden.

Pada Sabtu, 23 Februari 2019 Gelombang 1 telah diberangkatkan menuju lokasi dengan dilepas oleh Direktur dr Dani Esti Novia. Direktur mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan menyampaikan penghargaan yang besar karena telah bersedia diberangkatkan dalam gelombang pertama ini. Selanjutnya 76 orang peserta yang terdiri dari berbagai profesi di bidang pelayanan, penunjang serta administrasi dan keuangan diberangkatkan menuju lokasi dengan menggunakan mikro bus.

Malamnya, peserta mengikuti kegiatan Spiritual building yang terdiri dari Zero Mind Proses, Self Aplication dan Self Performance. Di tengah suasana Kebun raya yang hening dan senyap, peserta diajak untuk berwisata rohani dan mengingat kembali perjalanan hidupnya sejak dilahirkan ke dunia sampai dengan saat ini dalam sesi Zero Mind Proses (ZMP). Selanjutnya peserta mengikuti coaching Self Aplication dan Self Performance. Dalam sesi ini peserta diminta untuk mempraktekkan bagaimana cara berbicara di depan umum serta gerakan 3 S (senyum, salam, salaman). Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu “Padamu Negeri” bersama-sama.  

Acara outbond pada pagi hari dimulai dengan senam Maumere dan senam Pinguin sebagai pemanasan. Di akhir senam, peserta diminta untuk memperkenalkan diri kepada peserta lainnya. Setelah sarapan, peserta kembali berkumpul dalam kelompok kecil untuk memulai kegiatan outbond. di pos pemberangkatan, peserta melombakan 3 permainan untuk menentukan urutan pemberangkatan. Perlombaan semakin seru dengan adanya hadiah dadakan yang diberikan oleh dr Igun, SpAn, Ibu Sulindri, dan Ibu Esti Siwi.  Setelah ditentukan pemenang, peserta berangkat menuju 3 pos untuk melaksanakan outbond yaitu pos Self aplication, self Performance dan Teamwork.

Keceriaan, keakraban dan kebersamaan nampak begitu kental dalam kegiatan ini. Suasana White house yang tenang dengan udara segar di tengah rerimbunan pohon serasa merefresh tubuh yang selama ini penat bekerja. Ketiadaan sinyal selular pun ternyata membawa manfaat tersendiri. Seperti yang disampaikan oleh Susi, salah satu peserta yang memberikan testimoni saat Powerfull Closing, menurutnya dengan tidak ada sinyal ia merasa lebih tenang karena sejenak bisa melupakan permasalahan di rumah dan merasa lebih akrab dengan teman-teman karena bisa mengisi waktu luang dengan berbincang-bincang dengan peserta lain. Sedangkan menurut Ari, walaupun awalnya ia merasa berat dan malas mengikuti outbond ternyata setelah dijalani justru sangat menyenangkan dan menjadi pengalaman baru yang sangat berkesan. Peserta lain menyatakan hal yang sama, meskipun saat keberangkatan salah satu bus sempat mengalami kendala sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan, dan pada pagi hari air sempat mati karena ada paralon yang jebol namun ia merasa sangat senang mengikuti kegiatan ini.

Ada filosofi yang mendalam dari serangkaian kegiatan kali ini. Tentang bagaimana kita mencari siapa sesungguhnya diri kita dan untuk apa kita diciptakan, tentang bagaimana kita bekerja dalam sebuah tim, dan tentang sebuah keikhlasan dalam hidup. Di Akhir acara, dr Igun, SpAn menyampaikan terima kasih dan memberikan motivasi kepada peserta, bahwa setiap orang adalah orang yang hebat dan mulia di mata Allah SWT tergantung dari amal perbuatan kita. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk membangun kekompakan dan kerjasama tim dan semoga kita menjadi pribadi baru yang jauh lebih baik dan lebih hebat,  pribadi yang selalu dihiasi dengan senyuman, dan pribadi yang ikhlas dalam menolong tanpa diminta, menolong tanpa meminta.

(Yn)

 GALERI FOTO

  

 

 

 

 

 

Related Posts

Komentar