Tim Promkes Edukasi Pasien Pengobatan Gratis

Senin, 04 Pebruari 2019 | 1393 Kali
Tim Promkes Edukasi Pasien Pengobatan Gratis

Ajibarang - Dalam rangkaian peringatan HUT ke-12, RSUD Ajibarang sabtu (2/02/2019) mengadakan pengobatan gratis dokter spesialis di Puskesmas Gumelar.  Dalam sambutan pembukaan Direktur RSUD Ajibarang dr Dani Esti Novia menyampaikan bahwa pengobatan gratis yang dilaksanakan di Puskesmas Gumelar adalah salah satu wujud “jemput bola” pelayanan kesehatan dari RSUD Ajibarang.

 

Tak ketinggalan, Tim Promosi Kesehatan RS (PKRS) turut serta ambil bagian dalam acara tersebut dengan melaksanakan Edukasi kepada peserta pengobatan gratis. Edukasi yang diberikan meliputi Kebersihan tangan (Hand Hygiene), Pencegahan kekambuhan nyeri punggung dan leher, Sosialisasi pendaftaran online serta pencegahan HIV AIDS.

Pada kesempatan pertama, Fajar Rubiyanti S.Kep., Ns selaku IPCN di RSUD Ajibarang menjelaskan tentang kebersihan tangan, pentingnya menerapkan kebersihan tangan dalam kehidupan sehari-hari serta mengajak audiens untuk mempraktikkan gerakan kebersihan tangan 6 langkah. 

Edukasi dilanjutkan oleh Adrian Wisnu Wardhana, Ftr tentang Pencegahan kekambuhan nyeri punggung dan leher. Dalam kesempatan ini beliau memberikan contoh postur tubuh yang benar ketika duduk, cara mengangkat beban dengan benar, sampai pada latihan-latihan yang diperlukan untuk mengatasi masalah persendian.

Di kesempatan ketiga, Dedi Yofaid, S.Kom. selaku IT di RSUD Ajibarang memberikan sosialisasi tentang pendaftaran online.

“Masyarakat yang ingin berobat ke RSUD Ajibarang tidak perlu datang pagi pagi untuk mengantri karena sudah tertera jam berapa harus datang di RSUD”, demikian katanya.

Dedi menambahkan, syarat pendaftaran online adalah untuk pasien lama atau sudah pernah berobat di RSUD, dengan masuk ke alamat daftarolrsudajibarang.banyumaskab.go.id

Kesempatan terakhir diisi oleh Pajrin Aris Aryanto, S.Kep., Ns yang menyampaikan tentang HIV AIDS, Pencegahan HIV AIDS serta pelayanan klinik VCT di RSUD Ajibarang.

Acara yang dipandu Edi Wibowo mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Antusiasme peserta yang cukup tinggi terbukti dengan banyaknya peserta yang menyampaikan pertanyaan kepada pemateri. Tak lupa, sebagai kenang-kenangan kepada peserta, RSUD Ajibarang memberikan souvenir untuk peserta yang aktif dalam diskusi dan edukasi. Semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi semua pihak. (Tim Promkes)    

Related Posts

Komentar