RSUD AJIBARANG MEMANTAPKAN LANGKAH DALAM PELAYANAN

RSUD AJIBARANG MEMANTAPKAN LANGKAH DALAM PELAYANAN

Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh

Ajibarang, Pembaca yang dirahmati Allah, kali ini kami akan menceritakan banyak hal tentang RSUD Ajibarang. Kami sebagai bagian kecil dari Rumah sakit ini tentunya banyak mengikuti ritme kehidupannya, bagaimana saat dulu belum berjaya, hingga saat ini yang kami nilai sudah berjaya.

Yaa.... kami anggap RSUD Ajibarang saat ini sudah berjaya, dengan statusnya yang Paripurna, tidak tanggung – tanggung, status ini disematkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit, sebuah komisi yang sangat bergengsi di dunia kerumah sakitan Indonesia. Persiapannya... hhmm, tentunya sangat heboh, banyak menguras energi, pikiran dan keringat bahkan airmata dari segenap komponennya. Untuk diketahui, kami di RSUD Ajibarang entah kenapa sangat memiliki rasa kekeluargaan yang super duper hebat.

Mungkin faktor utamanya adalah aura dari ibu Direktur kami, dr. Dani Esti Novia, Masyaa allah, beliau ini, sangat mengutamakan kekeluargaan. Bayangkan, beliau adalah seorang Direktur yang memimpin 500 orang lebih karyawannya dan beliau hafal semua nama karyawannya, bahkan hampir semua rumah karyawannya pernah beliau kunjungi. Alhamdulillah, kami saat ini diberikan pemimpin seperti beliau ini.

Yap, kembali ke rasa kekeluargaan tadi. Dalam persiapan penilaian akreditasi tadi, saking loyalnya, banyak teman – teman kami yang rela melembur persiapan penilaiannya, mereka sibuk menyiapkan unit masing – masing menyambut datangnya surveyor akreditasi. Dan segala pengorbanan yang telah dicurahkan, akhirnya terbayar sudah dengan terbitnya sertifikasi Akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Nah, pekerjaan rumah kami saat ini adalah, kami harus bisa mempertahankan status Paripurna tadi hingga masa yang akan datang. Sudah jelas lebih berat mempertahankannya ya pembaca yang budiman, soalnya kami harus berjuang supaya tidak terlena menghadapi kebahagiaan.

Ditengah – tengah riuhnya usaha untuk memperhatankan “Semangat Paripurna” tadi, kami harus mempersiapkan diri lagi untuk penilaian Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).  Yap kehebohan kembali terjadi, kami mulai memperbaiki sana sini, apa saja komponen yang kurang, kami usahakan untuk kami lengkapi, usaha yang terbaik kita curahkan juga untuk penilaian ini.

Sebagai informasi, penilaian dari KARS dan dari Kemenpan – RB ini sangat sinergis, searah, intinya adalah untuk mewujudkan fasilitas pelayanan publik yang memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Bila di ranah Rumah Sakit, Pelayanan Prima kepada pelanggan tentunya adalah pelayanan yang Berfokus pada Pelanggan, bagaimana pelanggan dapat mengantri dengan nyaman, mendapatkan petunjuk pelayanan dengan jelas, cepat mendapat pelayanan dan tentunya dapat kembali sehat seperti yang diharapkan bersama.

Setelah kami melalui penilaian Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB, saat ini kami harus bersiap – siap lagi menghadapi penilaian dari Kemepan – RB lagi, tetapi beda topik. Topik yang akan dinilai berikutnya adalah Penilaian Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih (WBB). Waah... ini penghargaan bagi kami tentunya.

Bila kita melihat kepada delapan atau sembilan tahun yang lalu, RSUD Ajibarang belum sekompetitif ini, masih banyak sekali pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh para Pimpinan RSUD Ajibarang. Dengan ketekunan dan kesabaran para Pemimpin, tim yang solid dan yang paling penting adalah Do’a kita bersama, saat ini kejayaan kini telah dijelang oleh RSUD Ajibarang.

Rasa syukur betul – betul kami panjatkan sedalam – dalamnya atas semua hal ini, sudah pasti Ridho Allah Subhanahuwwata’ala yang paling utama dari sekian pencapaian kami ini. Kami menyadari bahwa kami harus lebih banyak instropeksi diri menghadapi pencapaian ini semua. Sudah tentu banyak pihak yang terlibat, tidak hanya tim internal RSUD Ajibarang tetapi juga para pelanggan dan stakeholder yang turut serta mendukung kemajuan kami.

Inilah sekelumit kisah tentang perjalanan RSUD Ajibarang yang bisa kami sampaikan. Sampai bertemu lagi di cerita yang lebih menarik tentunya. Kami tunggu partisipasinya dalam memajukan pelayanan RSUD Ajibarang.

Salam hangat dari kami.

Wassalamu’alaikum warahmatullohi Wabarokatuh

Dyas Diklat &PSDM

Related Posts

Komentar