LIPUTAN PELATIHAN BEDAH MATA

LIPUTAN PELATIHAN BEDAH MATA

LIPUTAN PELATIHAN BEDAH MATA

Penyakit  katarak banyak diderita oleh orang lanjut usia, karena penyakit ini merupakan penyakit degeneratif yang menyerang mata, sehingga jumlah penderitanya akan terus bertambah seiring bertambahnya jumlah orang lanjut usia. Di indonesia, gangguan penglihatan akibat katarak masih menjadi urutan pertama penyebab kebutaan.  

Penanganan penyakit katarak bisa dilakukan dengan berbagai hal, mulai dari pemberian obat sampai dengan dilakukan operasi. Operasi katarak sendiri telah memiliki banyak metode dan juga telah mengalami kemajuan teknologi yang pesat. Teknik terbaru operasi katarak adalah dengan teknologi phacoemulsifikasi, dimana salah satu kelebihan dari teknologi ini   adalah pencapaian visus yang lebih baik.  Hal ini tentu merupakan hasil yang memuaskan.

Sejalan dengan hal tersebut, RSUD Ajibarang sebagai salah satu Rumah Sakit Milik Pemerintah, juga telah memulai langkah yang sinergis dalam rangka mengurangi kejadian penyakit katarak. Selain dengan dibukanya Poliklinik Mata dengan dr. Agus Setyawan, Sp.M sebagai dokter definitifnya, manajemen RSUD Ajibarang juga telah memfasilitasi pelatihan bedah mata kepada  beberapa perawat untuk menunjang pelayanan mata di RSUD Ajibarang. 

Teknologi phacoemulsifikasi merupakan hal baru dalam pelayanan bedah mata di RSUD Ajibarang. Manajemen RSUD Ajibarang menyadari keberhasilan operasi phacoemulsifikasi ini tergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah peranan perawat asisten yang terampil, memahami teori dan bisa menjadi mitra kerja yang baik selama operasi phacoemulsifikasi berlangsung. Oleh karena itu, pada awal bulan agustus ini, tepatnya di tanggal 6 Agustus 2018, RSUD Ajibarang melalui Instalasi Diklat & PSDM telah memberangkatkan Siswanto, AMK salah seorang perawat kamar bedah untuk mendalami teknologi phacoemulsifikasi dengan mengikuti pelatihan “ Basic Course Ophtalmic Asistent Phacoemulsification Surgery “ yang dilaksanakan oleh IKPAMI (Ikatan Perawat Mata Indonesia ). Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari, dari tanggal 6 sampai dengan 11 agustus 2018 yang bertempat di hotel Acacia Jakarta. Dengan dibekali berbagai materi pelatihan yang lengkap dan juga pengajar yang kompeten dibidangnya, pelatihan ini diikuti hampir seluruh instansi Rumah Sakit di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari area Jakarta, seperti  RS PELNI , RSUD Kota Kendari Sulawesi Tengah, RSUP DR. Kariadi semarang, RSUD AM parikesit Tenggarong, RS PHC Surabaya, RSUD Ajibarang, hingga RSUD Jaya Pura.

Pelatihan ini terbagi  dalam 2 model pembelajaran, yaitu pemberian materi selama 4 hari dan praktek selama 2 hari dilanjutkan ujian kompetensi. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini sangat komprehensif, diawali materi mengenai anatomi dan fisiologi mata, deteksi dini penyakit katarak, penatalaksanaan dan pengobatan katarak, yang yang paling menarik adalah materi langkah – langkah dan teknik Faekoemulsifikasi. Seluruh peserta yang berjumlah 22 orang   harus  mengikuti proses yang di terapkan oleh panitia pelaksana. Proses pelatihan ini diakhiri dengan pengumuman peringkat peserta berdasarkan jumlah nilai. Peringkat 3 orang  peserta terbaik jatuh pada perwakilan peserta dari  RSUD Ajibarang, RSUP dr.KARIADI dan RS PHC Surabaya.

Banyak manfaat yang penulis dapatkan dari kegiatan ini, selain bisa bertemu dan belajar langsung dari para ahli Faekoemulsifikasi, penulis juga bisa berbagi pengalaman dengan teman – teman sejawat perawat bedah mata dari Rumah Sakit yang lebih besar dan lebih lengkap pelayanannya.

Ucapan Terimakasih yang sedalam – dalam nya penulis haturkan  kepada Direktur RSUD Ajibarang dr.Dani Esti Novia, Kepala Instalasi Diklat & PSDM dr.Igun W Sp.An dan Kepala Instalasi Bedah Sentral, dr.Heri S,Sp.B dan pihak pihak lain yang mendukung atas terlaksananya pelatihan ini.

Demikian liputan singkat mengenai pelatihan faekoemulsifikasi. Bagi bapak/Ibu yang memiliki permasalahan penyakit katarak dan membutuhkan info lebih lanjut mengenai pelayanan Faekoemulsifikasi, silakan memeriksakan diri ke Poliklinik Mata RSUD Ajibarang. Insyaa Allah buka setiap hari mulai pukul 07.30  s.d 14.00 WIB untuk hari Senin s.d Kamis, pukul 07.30 s.d 11.15 WIB untuk hari Jumat, dan pukul 07.30 s.d 12.45 WIB untuk hari Sabtu.

Menjaga kesehatan lebih baik dari mengobati, salam sehat dari kami.

by Siswanto, AMK

Recent Works

HASIL SELEKSI PENGADAAN PEGAWAI NON PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA RSUD AJIBARANG TAHUN 2017

Berdasarkan  hasil Tes Wawancara dan  Tes Kesehatan yang diselenggarakan pada hari Selasa

"Berkobarnya Semangat Si Gunung Berapi" di CB Gelombang 6

AJIBARANG. Guyuran hujan di penghujung Mei 2019 mengiringi keberangkatan peserta outbond  gelom

KEJARI PURWOKERTO DAMPINGI PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA

Ajibarang - Kepala Kejari Purwokerto Lydia Dewi, SH.MH  dan Ketua TP4D Suryadi, SH Senin (28/08

Komentar