Fisioterapi RSUD Ajibarang Siap Membantu Koreksi Ketidakseimbangan Postur Yang Menyebabkan Nyeri Leher dan Punggung

Fisioterapi RSUD Ajibarang Siap Membantu Koreksi Ketidakseimbangan Postur Yang Menyebabkan Nyeri Leher dan Punggung

Kasus nyeri pinggang, leher, dan bahu merupakan kasus yang sering dijumpai pada pasien yang datang ke unit fisioterapi RSUD Ajibarang. Menurut para ahli yang mendalami kasus kasus rematologi, sebanyak 80% rata rata penderita nyeri di bagian tersebut disebabkan oleh ketidakseimbangan postur ( postural imbalance).

Ketidakseimbangan postur dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti pola kebiasaan yang salah selama bertahun tahun, cedera, atau kelemahan dan atau kekakuan otot otot serta sendi pembentuk postur.

Kali ini kami ingin berbagi tentang beberapa pola kebiasaan yang salah dalam kehidupan sehari hari yang dapat menyebabkan nyeri leher , bahu, dan pinggang.

 

Gambar diatas menunjukkan cara memakai tas ransel yang benar, dan yang salah . Cara yang benar akan membuat pembebanan pada punggung terbagi merata sehingga mengurangi kemin gkinan timbulnya nyeri.

 

Gambar diatas menunjukkan  bahwa cara penggunaan HP yang tidak tepat di gambar sebelah kiri dapat menyebabkan pembebanan pada leher dan bahu yang dapat menimbulkan nyeri

 

Gambar di atas menunjukkan dua cara tidur yang benar yang menyangga bagian bagian tub uh sehingga akan membuat otot otot tubuh beristirahat dengan baik, sedang gambar terakhir akan menimbulkan pembebanan pada leher yang bisa mengkibatkan nyeri.

 

Gambar baris paling atas menunjukkan 3 pola yang salah ketika bekerja nebggubakan komputer atau laptop yang dapat menimbulkan nyeri, baris kedua menun jukkan pola posisi kerja yang betul dalam penggunaan komputer atau laptop. Di dalam baris ketiga ada cara duduk yang benar dan cara mengangkat yang benar yang dapat mencegah terjadinya nyeri.

Berikut cara menggendong bayi yang benar yang akan mengurangi kemungkinan nyeri pada pinggang.

 

GAMBAR diatas yang sebelah kanan menunjukkan cara mengganti sprei yang benar yang mengurangi pembebanan pada punggung

 

 

Gambar diatas menunjukkan cara menaiki motor yang benar yang dapat mengurangi pembebanan ke satu sisi dari tubuh sehngga mengurangi nyeri

 

Pada gambar di bawah ini yang sebelah kiri menunjukkan pembebanan yang berat pada bantalan sendi punggung bawah yang bisa menyebabkan kasus penjepitan syaraf pnggang karena posisi bantalan yang tidak tepat

Posisi yang tidak tepat dalam kehidupan sehari hari lama kelamaan akan menimbulkan kelainan pada postur yang pada akhirya akan menimbuilkan nyeri. Nyeri merupakan suatu tanda bagi kita dari tubuh ada yang tidak tepat dalam menjalankan fungsinya. Bila dibiarkan dan tidak diperbaiki dapat menyebabkan gangguan yang lebih berat dan dapat mempengaruhi kualitas kehidupan yang dijalani.

Kami dari unit fisioterapi rsud ajibarang siap membantu memberikan pemeriksaan atas gangguan postur yang dialami dan sekaligus memberikan solusi koreksi atas ketidakseimbangan postur yang dialami, baik pasien rujukan dari poli dokter spesiaiis sebagai terapi penunjang atas kondisi yang dialami pasien, maupun pasien dengan kondisi gangguan postur ringan yang memerlukan konsultasi sebagai tindakan preventif.

 

 

 

 

Recent Works

VISITASI PERPANJANGAN IJIN OPERASIONAL RSUD AJIBARANG

Waktu terus bergulir tidak terasa RSUD Ajibarang harus sudah memperpanjang ijin operasional sebagai

PERSIAPAN KEGIATAN CAPACITY BUILDING

Rumah Sakit Umum Daerah Ajibarang merupakan rumah sakit tipe C milik Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Peran Tim EWS RSUD Ajibarang bagi Rumah Sakit Sekitar

Bumiayu - Henti nafas dan henti jantung merupakan kondisi emergensi yang membutuhkan penanganan sege

Komentar